Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ananda Sukarlan Bulan Depan Pentas di Dua Kota

Kompas.com - 20/03/2010, 12:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com--Sang Maestro dunia, komponis & pianis Ananda Sukarlan akan kembali ke Indonesia bulan April dan akan memberikan konser yang sangat unik di Jakarta dan Surabaya, membawakan karya-karyanya sendiri dan karya Amir Pasaribu (21 Mei 1915 - 10 Februari 2010).

Di Jakarta ia akan konser di World Theatre, British International School di Bintaro. Ini adalah kedua kalinya ia tampil di konser berakustik terbaik di Jakarta ini. Pertama kalinya adalah tahun lalu, saat operanya "Ibu, yang anaknya diculik itu" ditampilkannya dengan sukses besar bersama soprano Aning Katamsi. Kali ini ia akan membawakan karya-karyanya yang sangat virtuosik untuk piano tunggal, Rapsodia Nusantara. Karya-karya  ini diinspirasi oleh Hungarian Rhapsodies karya komponis Hungaria Franz Liszt yang berdasarkan lagu-lagu rakyat Hungaria. Rapsodia-nya Ananda juga adalah satu rangkaian elaborasi virtuosik (bukan semata-mata aransemen) dari lagu-lagu rakyat Indonesia seperti Rasa Sayange, Anging Mamiri, Jali-Jali dll. Saat ini Ananda telah menyelesaikan 7 nomor Rapsodia Nusantara yang kini telah dimainkan oleh ratusan pianis lainnya di seluruh dunia, sehingga misinya untuk memperkenalkan lagu-lagu rakyat Indonesia lewat piano kini tercapai.

Satu karya yang istimewa di konser ini adalah pagelaran pertama kalinya Rapsodia Nusantara no.4, yang merupakan lagu wajib untuk kompetisi nasional Ananda Sukarlan Award yang akan diadakan bulan Juli tahun ini.

Dalam konser ini Ananda juga mengundang 2 bintang tamu : Victoria Audrey Sarasvathi yang merupakan pianis finalis termuda Ananda Sukarlan Award 2008 (kini ia berusia 13 tahun) yang akan memainkan karya Ananda Rapsodia Nusantara no. 1, dan juga penyanyi tenor yang baru pulang dari Amerika Serikat, Dani Wisnu Dumadi yang akan diiringi oleh sang komponis sendiri dalam menyanyikan 6 lagu.

Ananda juga mempersembahkan beberapa musik untuk piano solo karya Amir Pasaribu, komponis besar Indonesia yang meninggal 10 Februari tahun ini dalam usia 94 tahun.

Konser ini akan diadakan pada hari Minggu, 25 April pukul 4 sore.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com