Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indiefest Compilation Album 2009: Pop Alternatif hingga Metal

Kompas.com - 21/03/2010, 10:57 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com -- Penjurian kontes band indie L.A. Lights Indiefest 2009 telah berjalan dari Mei hingga Desember 2010. Sepuluh grup sudah ditentukan sebagai para finalisnya. Compilation Album 2009 Vol 4, yang berisi 10 lagu dari 10 band itu, pun kini diluncurkan.

Sepuluh band dimaksud, yang berasal dari sejumlah tempat di Indonesia dan menyajikan beragam musik, adalah Gecko (Bali, "Pasti Cemburu", pop alternatif); Lars (Jakarta, "1/2 Jiwa", pop rock); SandRa (Jakarta, "Movie Song", akustik); Dharma (Yogya, "Blues Gambus", blues-rock n' roll); Coffee Reggae Stone (Bandung, "Demon", reggae); Psychofun (Bali, "Satu", pop punk); Black Stocking (Yogyakarta, "This October", triphop); Arah (Jakarta, "Katakan untuk Apa", pop emokustik); Eiffel (Yogyakarta, "Labyrinth Of Love", funky pop); dan Mortified (Bandung, "Harapan Sirna", metal).

Menurut Derry Laksamana, salah seorang dari 12 juri Indiefest 2009, yang mewakili kalangan perusahaan rekaman, banyak peserta dari luar Jakarta yang memiliki kualitas musikalitas lebih bagus. Sepuluh band terpilih tersebut, lanjutnya, merupakan grup-grup terbaik berdasarkan penilaian 12 juri.    

"Masing-masing (juri) punya pemikiran. Tapi, kami punya kesepakatan dan kriteria. Kreativitas (dalam membuat) lagu, penampilan dalam membawakan lagu, musikalitas, penguasaan panggung, apakah ada sesuatu yang menarik dan berbeda dibandingkan dengan band-band lain. Setelah mereka lolos, kami audisi untuk melihat kualitas dan skill mereka. Yang mewakili adalah yang terbaik, punya ciri khas tersendiri," papar Derry.

Sementara itu, ditekankan oleh Irwan Edianto, Production irector dbb/Vertigo, panitia penyelenggara Indiefest Festivesound 2010, album kompilasi tersebut berbeda dengan album-album kompilasi dari kontes-kontes band yang lain. "Kompilasi kami beda. Yang mempunyai potensi musikalitas kami gabungkan. Semua musik ada di dalamnya," katanya.

Untuk meluncurkan Compilation Album 2009 Vol 4, diselenggarakanlah Indiefest Festivesound 2010, di Sasana Budaya Ganesha, Bandung, pada Sabtu (20/3/2010) siang hingga malam. Dalam pergelaran tersebut, yang memiliki tiga panggung, kesepuluh finalis Indiefest 2009 itu mendapat kesempatan manggung di hadapan para penonton bertiket.

Sederet nama indie lainnya, dari yang sudah terkenal hingga jebolan Indiefest terdahulu, pun tampil. Nama-nama itu adalah  Efek Rumah Kaca, Mocca, SORE, Burgerkill, The Banery, C.U.T.S, Vincent Vega, The Trees & the Wild, Scared of Burns, Nemesis, Morning Blue, Rockstar Conspiracy, dan DJ Stephmag. Di samping itu, ada tiga band indie tamu dari luar negeri--Electrico dari Singapura, PESAWAT dari Malaysia, dan Camera Obscura dari Skotlandia. (C9-09/ATI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com