Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duh, Ardie Bakrie Cuma Kebagian Ceker Ayam

Kompas.com - 01/04/2010, 17:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Babak baru kini dijalani pesinetron Nia Ramadhani dan Ardie Bakrie, putra pengusaha dan politikus Ir Aburizal Bakrie. Keduanya, resmi menjadi pasangan suami istri seusai menjalani prosesi akad nikah pada Kamis (1/4/2010). 

Seusai akad nikah yang berlangsung khidmat, mereka berdua pun langsung menjalani ritual adat berupa prosesi Huap Lingkung, yang diawali dengan suap-suapan nasi kuning. Yang pertama kedua orangtua mereka melakukan suapan kepada anak dan menantunya, disusul kedua mempelai, Nia dan Ardie, saling menyuapi. Keduanya terlihat begitu mesra.

Nia, yang duduk bersanding dengan Ardie, menyilangkan tangannya ke belakang bahu pria yang baru saja menjadi suaminya itu untuk menyuapkan nasi kuning. Begitu pula sebaliknya, Ardie terlihat antusias memberikan suapan nasi kuning kepada wanita yang saat ini telah sah menjadi istrinya.

Dalam adat Sunda, prosesi tersebut sebagai simbol agar kedua mempelai bisa saling menyayangi dan melayani untuk kebahagiaan pernikahan mereka kelak.

Nasi kuning kini tersisa satu suapan lagi, tetapi Nia dan Ardie diminta pemandu acara untuk saling berebut. Begitu hitungan ketiga, pasangan pengantin baru itu pun langsung saling berebut. Hasilnya, Nia menjadi pemenang di babak pertama.

Setelah menjalani prosesi tersebut, kini tiba giliran menjalani prosesi adat yang paling ditunggu, yakni berebut atau tarik-tarikan satu ekor ayam (ayam bakakak). Dalam tahapan ini, ayam panggang merupakan simbolisasi dari suatu bentuk kenikmatan, rezeki, kebahagiaan. Siapa pun yang mendapatkannya di antara mereka berdua, wajib baginya untuk saling berbagi. Di sini tidak berlaku sifat mementingkan diri sendiri, tetapi berapa pun yang didapat seharusnya dibagi dan dinikmati secara bersama-sama.

"Selanjutnya tarik-tarikan paha," kata si pemandu acara.

Mendegar ucapan tersebut, Ardie dan Nia spontan terkaget-kaget. "Paha ayam maksudnya," tekan si pemandu acara itu melanjutkan ucapannya. Ardie pun terlihat tersenyum simpul.

Seiring dengan komando dari pemandu acara, Nia dan Ardie yang sudah memegang paha ayam bakakak langsung saling menarik dan berebut untuk mendapatkan potongan ayam yang paling  besar.

Ardie menarik paha ayam dengan sekuat tenaga, sedangkan Nia cenderung bertahan. Hasilnya? Lagi-lagi Ardie kurang beruntung. Ia hanya mendapatkan ceker (kaki) ayamnya, sedangkan Nia justru mendapatkan hampir seluruh ayamnya. Nia kembali jadi pemenang di babak kedua. "Enggak apa-apa kalau istri ayamnya lebih besar berarti nanti ikut bantu suami cari uang," kata si pemandu acaranya. (FAN)

Lihat foto-foto pernikahan Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie di: KOMPAS IMAGES

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com