Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angsa-angsa Diperlakukan Biadab, Kate Winslet Geram

Kompas.com - 16/04/2010, 10:05 WIB
LOS ANGELES, KOMPAS.com --  Aktris Kate Winslet (34) ikut berkampanye untuk People for the Ethical Treatment of Animals atau PETA, organisasi penyelamat binatang. Kali ini, misi Winslet adalah memboikot makanan foie gras, makanan khas Perancis yang berbahan hati angsa atau bebek.

Foie gras secara harfiah artinya hati gemuk. ”Foie gras dijual sebagai makanan lezat yang mahal. Tapi, tak ada yang membayar foie gras lebih mahal kecuali bebek-bebek dan angsa-angsa yang disiksa dan dibunuh itu,” katanya.

Winslet tampil di video yang memperlihatkan peternakan angsa. Di video yang diambil diam-diam itu diperlihatkan cara menggemukkan angsa.

Angsa dicekoki makanan dengan cara mulutnya dimasuki pipa besi, dan makanan dipaksa masuk lewat pipa. Dalam beberapa minggu, berat angsa naik drastis 10 kali lipat dibanding angsa normal. Harapannya, berat hati angsa juga naik drastis.

”Menyakitkan dan menyedihkan. Burung-burung itu tak punya hidup normal, kerongkongan mereka selalu dijejali pipa besi beberapa kali dalam sehari,” kata Winslet yang meraih penghargaan Oscar di film Reader (2009).

Winslet mengakhiri video dengan ajakan, ”Ayo gabung bersama kami dan berjanjilah tidak memakan foie gras,” katanya. Video itu akan dikirim ke restoran dan gerai yang menjual foie gras. (AFP/AMR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com