Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sail Banda 2010 Diluncurkan

Kompas.com - 16/04/2010, 21:56 WIB

AMBON, KOMPAS.com — Sail Banda 2010 yang mengambil tema "Small Islands for Our Future" diluncurkan di Gong Perdamaian, Ambon, Provinsi Maluku, Jumat (16/4/2010) malam. Peluncuran acara Sail Banda ditandai dengan pemukulan tifa oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad.

Acara peluncuran Sail Banda yang dimulai sekitar pukul 20.30 WIT itu berlangsung meriah.

Di awal acara, tarian daerah asal Maluku Tenggara, Mako-mako, menghibur. Kemudian pejabat dan undangan yang datang dihibur dengan lagu berjudul "Panggayo" dan "Toma" yang dinyanyikan Calakate Grup dan lagu berjudul "Welcome To Maluku" yang dinyanyikan oleh grup musik Parale.

Sebagai penutup acara, giliran tarian daerah Cakaiba yang beberapa gerakannya berupa dansa ditampilkan.

Acara peluncuran itu dihadiri pula oleh Wakil Menteri Perindustrian Alex Retraubun, Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu, Wakil Gubernur Maluku Said Assagaff, dan sejarawan Des Alwi.

Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad meminta segenap masyarakat Maluku mendukung pelaksanaan acara Sail Banda. "Tunjukkan kepada dunia kalau Ambon dan Maluku sudah aman dan damai," kata Fadel.

Meskipun diluncurkan malam ini, acara Sail Banda sendiri baru dimulai tanggal 12 Juli hingga 17 Agustus. "Peluncuran ini dilakukan sebagai pernyataan sikap panitia daerah, pemerintah daerah, dan masyarakat yang siap menyukseskan Sail Banda," ujar Said Assagaff.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com