Kelly Clarkson Ditolak di Jakarta

Kompas.com - 22/04/2010, 17:44 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com -- Akan tampil dalam konsernya di Jakarta pada 29 April 2010 dengan sponsor produsen rokok, Kelly Clarkson, penyanyi AS yang juara American Idol 2002, mengundang penolakan dari sejumlah pihak.   

Pihak-pihak yang meluncurkan protes adalah Komisi Perlindungan Anak Indonesia, Southeast Asia Tobacco Control Alliance (SEATCA), dan Campaign for Tobacco-Free Kids, yang berpusat di AS.  

Pengiklanan yang mengaitkan sang vokalis dengan produsen rokok itu dianggap oleh mereka menunjukkan secara jelas bahwa perusahaan rokok tersebut berusaha menarik kalangan yang lebih muda.

Mengenai protes tersebut, AFP telah meminta tanggapan dari pihak Clarkson, tapi hingga Rabu (21/4/2010) sore belum mendapat respon.

Presiden Campaign for Tobacco-Free Kids, Matthew L Myers, mengatakan bahwa Clarkson akan menjadi seorang juru bicara untuk industri tembakau dan membantu mereka memasarkan rokok ke kalangan anak jika ia tetap tampil dalam konsernya tersebut.

"Jika ia menolak sponsor dari industri tembakau, ia bisa menyampaikan sebuah pesan yang kuat kepada anak-anak Indonesia dan seluruh dunia bahwa mereka, juga, seharusnya menolak produk mematikan dari industri tembakau," katanya.

Sementara itu, SEATCA telah menulis kepada Clarkson dengan maksud mendesaknya untuk meralat situasi tersebut. "Merupakan hal yang penting, anda (Clarkson) dan musik anda tidak dihubungkan dengan rokok dan hal yang tak sehat," tulis SEATCA.

Ketua KPAI, Seto Mulyadi, mengatakan bahwa 81 persen remaja Indonesia hadir pada konser-konser yang disponsori oleh perusahaan rokok. "Secara tidak langsung, kegiatan itu membujuk para remaja untuk merokok. Ini akan menghasilkan para remaja yang bergantung kepada industri rokok," tuturnya. Seto menuturkan pula, ia yakin bahwa Clarkson tidak menyadari pihak mana yang menjadi sponsor pertunjukannya.

Dua tahun lalu, vokalis lain dari AS, Alicia Keys, memerintahkan logo rokok dihilangkan dari iklan untuk konsernya di Jakarta sesudah ia sadar bahwa pertunjukannya itu disponsori oleh perusahaan rokok. (AFP/ATI)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.