Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppie Andaresta Sentil Perempuan Indonesia

Kompas.com - 25/04/2010, 11:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Vokalis, pencipta lagu, sekaligus produser musik Oppie Andaresta menyentil sebagian dari kalangan perempuan Indonesia masa kini lewat lagu "Perempuan Indonesia" dari album kolaborasi Thanks to Kartini, yang baru dirilisnya. 

Lagu itu, terang Oppie, bercerita mengenai perempuan yang mengandalkan kecantikan fisik, bukan kecantikan jiwa dan pikiran. "Ini lagu tentang perempuan yang selalu diperbudak kecantikan karena keseksiannya, padahal semestinya dari sini (dalam hati)," kata Oppie, yang meluncurkan lagu tersebut di Jakarta, Jumat (23/4/2010) lalu. 

Dalam kesempatan yang sama, ibu satu anak ini menyoroti pula bahwa menjadi ibu rumah tangga tidaklah salah dan bukan merupakan pekerjaan yang mudah. "Perempuan di dapur itu tidak salah, tetapi yang penting masih punya mimpi, dan jadi ibu rumah tangga itu juga pekerjaan yang sulit," kata Oppie lagi. 

Oppie pun tak memasalahkan unsur-unsur dapur, sumur, dan kasur yang masih melekat dalam masyarakat Indonesia saat ini. "Tapi, sekarang dapur itu bisa menghasilkan uang. Pengusaha Dapur Perempuan Indonesia itu kaya. Kalau sumur itu, ya pastilah. Kalau kasur itu kan kebutuhan biologis, jadi enggak apa-apa," katanya lagi. "Mari kita menghargai pilihan orang karena itu juga tidak merugikan orang lain kok," sambungnya. 

Oppie juga menilai, sepak terjang perempuan Indonesia dalam industri musik dalam negeri patut diperhitungkan. "Perempuan di industri musik Indonesia sudah baik. Mereka tidak hanya menyanyi, tetapi sudah bisa mengaransemen dan menjadi produser musik. Mereka sudah sejajar dengan laki-laki," ujarnya. (FAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com