Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorce: Kita Kehilangan Pelawak Komplet

Kompas.com - 08/05/2010, 20:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Bagi pelawak yang juga presenter acara bincang-bincang di layar kaca Dorce Gamalama, wafatnya pelawak tiga zaman Raden Achmad Yusuf Wargapranata atau yang dikenal dengan sebutan  Abah Us Us, sama saja dengan kehilangan pelawak yang memiliki keahlian komplet.

"Yang pertama, saya ucapin inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Yang kedua, kita kehilangan pelawak yang komplet," kata Dorce, yang sedang berada di Surabaya, membuka obrolan dengan Kompas.com, yang meneleponnya pada Sabtu (8/5/2010). 

Dorce memberi Abah Us Us label pelawak komplet karena Abah Us Us memiliki segalanya yang belum tentu dimiliki oleh para pelawak zaman sekarang. "Dia cikal bakal penyanyi dan komedian dengan gaya Si Kabayan. Persis seperti Bing Slamet," ucapnya.

Dorce, yang mengenal Abah Us Us sejak 1980, mengaku begitu dalam menaruh kesan kepada pelawak yang identik dengan peniti besar di busananya. "Kenalnya tahun 1980 , tapi saya pertama kali show bareng tahun 1981 di Sukabumi. Abah lucu, orangnya bisa ngasih umpan ngelawak buat lawan mainnya," kenangnya.

Namun, sayang, dengan bakat alaminya Us Us pada sisa usianya justru seakan dilupakan. "Itu dia, Abah termasuk yang kurang beruntung. Artis kalau di Indonesia ibaratnya habis manis sepah dibuang. Padahal dulu dia bisa show di mana-mana, dipanggil ke sana-kemari," tandas Dorce. (FAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com