Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bardem dan Germano Berbagi Penghargaan di Cannes

Kompas.com - 24/05/2010, 14:33 WIB

CANNES, KOMPAS.com — Aktor peraih Oscar, Javier Bardem, dan Juliette Binoche kembali menambah koleksi penghargaannya setelah pada Minggu (23/5/2010), atau Senin waktu Indonesia, kedua bintang Hollywood itu berhasil meraih penghargaan di ajang Festival Film Cannes 2010.

Bardem bersama aktor asal Italia, Elio Germano, dinobatkan sebagai Aktor Terbaik. Sementara bintang film The English Patient, Juliette Binoche, menjadi Aktris Terbaik lewat film Certified Copy.    

Bardem (41) meraih penghargaan tersebut atas perannya dalam film berbahasa Spanyol berjudul Biutiful karya sutradara asal Meksiko, Alejandro Gonzalez. Ia berperan sebagai penipu yang pesakitan.

Di atas panggung, Bardem mengatakan bahwa penghargaan yang diraihnya dipersembahkan pula buat kekasihnya, aktris Penelope Cruz, yang juga hadir mendampinginya.   

Sementara Germano (29) meraih penghargaan yang sama dengan Bardem untuk perannya sebagai kontraktor konstruksi ambisius dalam film arahan Daniele Luchetti, Our Life. Film yang berkisah tentang sepotong kehidupan para kelas pekerja di Roma saat ini.

Bardem mengaku sangat bangga telah mendapatkan penghargaan bergengsi sekelas Oscar ini. Baginya, ini menjadi tonggak baru menggapai kesuksesannya yang lebih gemilang.  

Dua tahun lalu, ia membuat sejarah baru di ajang Oscar. Ia menjadi aktor Spanyol pertama yang meraih Oscar untuk kategori aktor pemeran pendukung terbaik lewat film Country For Old Men.
 
Kompetisi Festival Film Cannes 2010, yang tahun ini diketuai sutradara Tim Burton, juga memberikan penghargaan tertinggi Palme d'Or untuk film asal Thailand, Uncle Boonmee Who Can Recall His Past Lives. Sementara penghargaan untuk sutradara diberikan kepada sutradara yang juga aktor Mathieu Amalric untuk filmnya Tournee.

Sedangkan penghargaan untuk skenario terbaik diberikan kepada Lee Chang-dong  untuk film Poetry. (EH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com