Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandhy Sondoro Belajar dengan Keliling Eropa

Kompas.com - 25/05/2010, 19:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Penyanyi Sandhy Sondoro (31) mengaku belajar musik secara otodidak sejak masih berusia 11 tahun. Bahkan, akunya lagi, ia sama sekali tidak pernah memiliki latar belakang pendidikan musik formal. Demi mengasah kemampuan bermusiknya, pemuda asal Indonesia yang merintis karier di Jerman ini berkeliling Eropa.

"Saya ke negara-negara Eropa untuk mengeksplorasi kemampuan bermusik. Dalam perjalanan, belajar musik ngalir saja," katanya di Jakarta, Selasa (25/5/2010).

Di negara-negara Eropa, seperti Spanyol dan Austria, ia manggung dari kafe ke kafe. "Sekalian langsung praktik, langsung nyanyi, cari band. Selain saya punya band, saya praktik di kafe-kafe. Di Jerman saya juga awalnya dari kafe ke kafe," ceritanya.

Dituturkannya, kariernya di dunia tarik suara didukung oleh keluarganya. Diakuinya, orangtuanya juga berasal dari dunia musik walaupun bukan profesional. "Dari kecil sudah dilahirin bisa nyanyi. Kebetulan ayah dan ibu saya musisi, tapi enggak profesional. Mereka semua otodidak. Kami otodidak semua," ujarnya. (ANI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com