Sandhy Sondoro Belajar dengan Keliling Eropa

Kompas.com - 25/05/2010, 19:55 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — Penyanyi Sandhy Sondoro (31) mengaku belajar musik secara otodidak sejak masih berusia 11 tahun. Bahkan, akunya lagi, ia sama sekali tidak pernah memiliki latar belakang pendidikan musik formal. Demi mengasah kemampuan bermusiknya, pemuda asal Indonesia yang merintis karier di Jerman ini berkeliling Eropa.

"Saya ke negara-negara Eropa untuk mengeksplorasi kemampuan bermusik. Dalam perjalanan, belajar musik ngalir saja," katanya di Jakarta, Selasa (25/5/2010).

Di negara-negara Eropa, seperti Spanyol dan Austria, ia manggung dari kafe ke kafe. "Sekalian langsung praktik, langsung nyanyi, cari band. Selain saya punya band, saya praktik di kafe-kafe. Di Jerman saya juga awalnya dari kafe ke kafe," ceritanya.

Dituturkannya, kariernya di dunia tarik suara didukung oleh keluarganya. Diakuinya, orangtuanya juga berasal dari dunia musik walaupun bukan profesional. "Dari kecil sudah dilahirin bisa nyanyi. Kebetulan ayah dan ibu saya musisi, tapi enggak profesional. Mereka semua otodidak. Kami otodidak semua," ujarnya. (ANI)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.