Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenazah Andi Meriem Diterbangkan Malam Ini

Kompas.com - 07/06/2010, 21:26 WIB

DEN HAAG, KOMPAS.com — Jenazah Andi Meriem Mattalatta dipastikan akan diberangkatkan dari Den Haag, Belanda, Senin (7/6/2010) malam. Jenazah akan diangkut oleh pesawat KLM dengan nomor penerbangan 809 pukul 20.55 waktu setempat. Pesawat akan tiba di Indonesia pukul 17.15 WIB, Selasa (8/6/2010). Kepastian tersebut disampaikan Minister Counsellor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Belanda, Lasro Simbolon.

Menurut Lasro, kepastian keberangkatan jenazah Andi Meriem Mattalatta atau akrab disapa Mer didapat setelah surat-surat izin dari Kotapraja Den Haag diperoleh KBRI. "Kami telah mengajukan surat-surat tersebut pagi hari (Senin) tadi dan sekarang sudah kami dapat," ujar Lasro, Senin siang di Belanda.

Seperti diketahui, Mer meninggal dunia di Den Haag, Belanda, pada hari Jumat sekitar pukul 22.30 waktu setempat. Mer meninggal setelah dilarikan ke Rumah Sakit Zoettermeer, Den Haag, karena kondisi kesehatannya semakin menurun.

Jenazah Mer tidak bisa langsung diproses kepulangannya ke Tanah Air karena terbentur ketentuan di negeri Belanda. Seperti halnya di Indonesia, semua kantor pemerintahan di negeri Belanda, termasuk di Kotapraja Den Haag, libur pada hari Sabtu-Minggu.

Sedangkan untuk memberangkatkan jenazah dari negeri tersebut ke luar negeri, menurut Lasro, diperlukan beberapa surat standar dari kotapraja setempat. Surat-surat tersebut adalah akta kematian, paspor khusus untuk jenazah, dan surat izin menerbangkan pesawat ke luar negeri.

Lasro menyanggah berita yang menyebutkan bahwa keberangkatan jenazah Mer terhambat karena KBRI libur pada hari Sabtu-Minggu. Sambil menunggu surat-surat tersebut, ujarnya, pihak KBRI telah memandikan dan menshalatkan jenazah. "Walaupun hari Sabtu kami libur, tetapi kami tetap mengumpulkan anggota komunitas Indonesia di Belanda untuk menshalatkan jenazah," ujar Lasro. (Angkasa/Gatot R dari Den Haag)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com