Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sakit Kanker Hati, Pelawak Cholik Butuh Uluran Tangan

Kompas.com - 02/07/2010, 16:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kondisi pelawak senior Cholik Syahrani (58), yang akrab dikenal sebagai pelawak yang berbicara dengan logat Tegal, tampak terbujur lemah saat dikunjungi rekannya sesama artis, Okky Asokawati, Jumat (2/7/2010).

Okky, yang kebetulan tengah menggelar kunjungan kerja mendadak ke sejumlah fasilitas perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta, mengaku sangat sedih melihat kondisi Cholik yang terlihat tak berdaya.

Dengan suara lirih nyaris terbata-bata dan sesekali menggerakkan tangan sebagai isyarat, Cholik mencoba berkomunikasi dengan Okky. Dia juga membuka kausnya memperlihatkan bagian perutnya yang membesar. Cholik, menurut istrinya Ida, didiagnosis sakit kanker hati.

"Ini sudah dua belas hari dirawat. Saya sedang mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), lumayan bisa sedikit meringankan. Cuma saya masih khawatir soal biaya selanjutnya. Saya dengar kalau biaya kemoterapi bisa ratusan juta rupiah. Kami uang dari mana. Ini saja, selama ini Bapak sudah dibantu pakai SKTM," ujar Ida lirih.

Sepanjang dirawat selama 12 hari belakangan, tambah Ida, biaya perawatan sudah hampir mencapai sekitar Rp 10 juta, belum termasuk biaya USG dan sedot cairan. Mantan pelawak kelompok Pelita Grup itu juga hanya mampu rawat inap di fasilitas kamar kelas tiga, berbagi ruangan dengan lima orang pasien lain.

Ida mengaku sangat membutuhkan uluran tangan dari para donatur. Bahkan selama ini untuk berkomunikasi dengan keluarga di rumah, dia sangat mengandalkan pemberian pulsa dari kerabat dan kenalan yang mengiriminya. (DWA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com