Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Cara Budjana Mengingat Kampungnya

Kompas.com - 13/07/2010, 08:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi Dewa Budjana (47) sering kali teringat kampung halamannya di Klungkung, Bali timur. Kenangannya terhadap kampung halaman ia tumpahkan dalam sebuah komposisi musik yang diberinya judul ”On The Way Home” yang ia bawakan dalam perhelatan Solo International Contemporary Ethnic Music (SIEM) 2010 di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, pekan lalu.

”Saat-saat tertentu, saya pasti ingat kampung meski sudah lama tinggal di Jakarta,” kata Budjana yang juga dikenal sebagai gitaris band GIGI.

”On The Way Home” yang ia ciptakan pada 2005 memperdengarkan permainan kendang dan suling, selain alat musik band. Budjana mengaku menikmati tampil dalam festival musik etnik seperti SIEM. Ajang semacam ini seakan menjadi wahana ”pelampiasan” idealismenya yang tidak tertampung karena tidak sehaluan dengan arus utama industri musik.

”Festival seperti ini bagus, antarmusisi bisa saling melihat, masyarakat terbuka pandangannya untuk melihat berbagai genre musik dan instrumen serta yang paling penting acaranya dibuat gratis sehingga bisa dinikmati semua orang,” kata pemilik nama lengkap I Dewa Gede Budjana ini. (EKI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com