Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iwan Fals Komitmen Tanam Pohon

Kompas.com - 14/07/2010, 01:20 WIB

CIMAHI, KOMPAS.com--Seniman legendaris Indonesia Iwan Fals menunjukkan komitmennya untuk peduli terhadap keselamatan hutan dengan gerakan menanam pohon.

Hal ini terlihat saat Iwan Fals menghadiri Tour Keseimbangan dan OI (Orang Indonesia) menanam yang dilakukannya di halaman Yoniv IV Cimahi, Selasa.

Meskipun di acara tersebut Iwan bersama Kapolresta Cimahi AKBP Rusdi Hartono dan Wakil Wali Kota Cimahi Edy Rahmat hanya menanam  satu pohon.

Namun, rencananya OI sebagai kelompok pecinta Iwan Fals akan menindaklanjuti tiga pekan kedepan melakukan gerakan menanam pohon di kawasan Kampung Adat Cireundeu.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Ojon Listanto (41), kegiatan itu sekaligus dimanfaatkan sebagai ajang promosi album Iwan Fals terbaru bertajuk Keseimbangan yang tidak dijual secara bebas.

"Albumnya hanya bisa didapatkan dari OI. Sedangkan keseimbangan itu sendiri, dimaksudkan Bang Iwan untuk menyadarkan kita bahwa hutan perlu dijaga sebagai salah satu sumber kehidupan kita. Kalau tidak menanam, 15 tahun kemudian kehidupan akan habis," ujarnya.

Cimahi merupakan kota ke tujuh yang dikunjungi Iwan Fals setelah Kota Cirebon, Solo, Cilacap, Jember, Tulungagung dan Kota Tasikmalaya. Pasalnya, sesuai dengan rencana Tour Keseimbangan ini akan dilakukan di seluruh kota se-Indonesia.

Ojon mengatakan, OI akan melakukan gerakan menanam sebanyak 61 pohon di setiap sekolah yang ada di Indonesia. Sedangkan mengenai acara yang tidak dipublikasikan tersebut, Ojong beralasan bahwa hal itu memang disengaja.

"Karena acara ini merupakan ajang silaturahmi Bang Iwan dengan para kelompok OI. Di Bandung sendiri, OI ada 61 kelompok. Dengan silaturahmi inipun diharapkan bisa terjadi regenerasi OI sehingga kecintaan terhadap hutan dan menanam tetap berlanjut," paparnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Cimahi Edy Rahmat mengatakan, gerakan menanam hutan yang terus dikampanyekan Iwan Fals patut didukung.

Karena seperti diketahui bersama, hutan merupakan sumber kehidupan manusia. Dan kondisi hutan saat ini sudah sangat mengkhawatirkan.

"Sebesar apapun yang dilakukan pemerintah dalam menjaga hutan. Apabila tidak didukung oleh warganya hal itu tidak bisa dilakukan. Maraknya banjir dan panas suhu bumi akibat hutan gundul harus menjadi perhatian serius kita semua," tandasnya.

Oleh karenanya, Pemkot Cimahi bersama pihak terkait akan terus bekerja keras menjaga kelestarian hutan. Namun yang terpenting dari gerakan menanam ini adalah merawatnya. "Sebab, apalah artinya menanam kalau tidak bisa merawat," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com