Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menembus Mimpi, Menaklukkan Pikiran

Kompas.com - 27/07/2010, 15:32 WIB

INCEPTION SUTRADARA: Christopher Nolan, PRODUSER: Christopher Nolan, Emma Thomas, PENULIS SKENARIO: Christopher Nolan, PEMAIN: Leonardo DiCaprio, Ellen Page, Joseph Gordon-Levitt, Cillian Murphy, Marion Cotillard, Ken Watanabe, Michael Caine, Tom Hardy, Dileep Rao, Tom Berenger, Pete Postlethwaite dan Lukas Haas.

Sutradara Christopher Nolan menghadirkan sebuah cerita yang tak biasa. Lewat film Inception, sutradara film The Dark Knight ini, mencoba menyuguhkan kisah tentang petualangan menembus ruang-ruang alam bawah sadar yang njelimet. Menuntut Anda memutar otak mengikuti alur kisahnya. 

Ruang-ruang itu dilakoni Leonardo DiCaprio terasa begitu mulus. Tampil sebagai Dom Cobb, Dicaprio tampil gemilang. Memainkan karakter yang menuntutnya berkonsentarsi penuh. Sebab, bukan perkara mudah memainkan sosok yang piawai menciptakan dunia baru lewat alam bawah sadarnya dan memengaruhi orang untuk terlibat dalam mimpi yang dibangunnya.   

Cobb, menjadi 'bintang' dalam film bergenre sci-fi dan action itu. Ya, ia mendapat porsi lebih sebagai sosok yang ditonjolkan dalam jalinan kisah yang juga ditulis sang sutradara.   

Cobb hadir dengan kisah yang pelik. Ia dihantui masa lalu yang perih. Ditinggal mati Mal (Marion Cotillard), perempuan pujaannya yang telah memberinya dua orang anak. Perasaan penyesalan itu mengendap di benaknya.    

Hal inilah yang kemudian menggiring Cobb menciptakan sebuah dunia baru. Dunia yang tak tampak, namun hanya ada dalam benak Cobb. Ya, ia menciptakan sebuah wilayah imajiner, dengan harapan bisa memelihara kerinduannya kepada istrinya.

Inilah kehebatan yang dimiliki Cobb. Kemampuan menjelajah ruang-ruang bawah sadar dijadikannya sebagai sebuah profesi baru.

Ia menjadi arsitek, menciptakan sebuah dunia baru yang mampu menembus batas dari alam bawah sadar seseorang lewat proses berbagi mimpi. Ketika pertahanan alam bawah sadar berhasil dimasukinya, itu berarti Cobb bisa 'menyerang' alam pikirannya dan memengaruhi segala tindakan targetnya saat terbangun di dunia nyata. 

Sebuah tim pun dibentuk untuk menjalani misi. Cobb yang terjebak dengan masa lalunya yang getir, tak bisa menolak tawaran Saito (Ken Watanabe), yang tertarik dengan memanfaatkan kemampuan Cobb.

Saito meminta Cobb untuk mengubah cara pandang pesaing bisnisnya, Robert Fischer, Jr. (Cillian Murphy) dengan memengaruhi alam bawah sadar terdalamnya.                                                                      

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com