Vino Bastian: "Infotainment" Harus Lebih Sehat

Kompas.com - 29/07/2010, 23:44 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah keluarnya fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang mengharamkan tayangan infotainment, aktor Vino G Bastian berharap pelaku media bisa mengemas berita selebriti lebih sehat tanpa perlu lagi menjual berita pro-kontra.

"Menurut gue, dulu infotainment hadir tanpa (berita) pro-kontra. Dengan berita-berita hiburan yang oke bisa jalan kok," kata kekasih sutradara Upi tersebut saat ditemui di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (29/7/2010).

Namun menilik perkembangan infotainment dalam beberapa tahun belakangan ini, kemasan berita pro-kontra pun tak bisa dihindari seiring perkembangan isu di lapangan. "Kalau pun sekarang jadi ada pro-kontra ya wajar lah!" tegas Vino. "Kayak misalnya gini, kalau artis kan semakin tinggi pasti ada goncangannya," ulasnya.

Hanya saja, berita pro-kontra tersebut menurut Vino masih bisa dikemas dengan baik dan dilandasi rasa saling menghormati. "Cuma kita memang harus saling menghormati saja. Ketika selebriti mau berbagi dengan infotainment, mereka juga harus mau menghargai, sampai sejauh mana dia (infotainment) boleh tahu privasi si artis," ulasnya.

Tapi sayangnya, rasa saling menghormati tersebut terkadang dilanggar oleh narasi pedas dalam tayangan infotainment. "Kalau gue sampai saat ini sih mudah-mudahan jangan yah. Cuma memang ada beberapa narasi yang berlebihan. Kadang-kadang gambar dengan narasi tidak terlalu matching," kupas Vino.

Lantas solusinya? "Kalau (infotainment) dibalikin seperti dulu, pasti semua orang butuh. Apalagi kalau diomongin baik-baik," tutupnya. (FAN)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.