Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mona Ratuliu Tersiksa Kegemukan

Kompas.com - 09/08/2010, 10:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Memiliki berat badan yang berlebih bagi artis Mona Ratuliu (28) sama saja menyiksa diri. Kegemukan membuat Mona cepat lelah dan mengantuk. 

"Aku enggak betah gemuk karena kalau gemuk bawaanku ngantuk terus, bawaanku juga cepat capek, faktor kesehatan juga," kata Mona. 

Tak hanya cepat mengantuk dan lelah, Mona pun bisa mengalami cedera pada kakinya, yang menopang bobot tubuhnya, yang kira-kira 72 kilogram. "Kemarin, waktu aku gemuk, di saat olahraga otot kakiku itu sobek, karena keberatan badan juga kali ya. Jadi, harus dioperasi dulu biar bisa aerobik lagi," cerita ibu dua anak ini. 

Setelah merasakan akibatnya, Mona jadi tidak ingin lagi berbadan gemuk. "Jadi memang enggak betah gemuk, karena kalau gemuk bikin banyak masalah, dan lagi pula aktivitasku tinggi banget ya, jangan sampai ada kenapa-kenapa lagi di kaki karena keberatan badan," tutur istri pemain musik Indra Brasco ini. 

Agar kejadian serupa tak terulang, sejak dua bulan lalu Mona menjalani diet ketat. "Aku diet enggak makan yang mengandung garam, jadi makan makanan hambar. Itu program dua bulan yang lalu," jelas perempuan yang berat badannya kini sudah turun tujuh kilogram ini.

Menghindari makan nasi juga menjadi salah satu program diet Mona. "Pas diet itu aku enggak makan nasi, tapi buat gantiin karbohidrat aku makan kentang. Buat proteinnya, lauk pauk masuk semua, asal dijaga saja porsinya," jelasnya lagi. 

Mona pun menjadikan puasa bulan Ramadhan diet. "Bulan ini rencanaku, diet puasa yang aku combine dengan diet golongan darah. Diet ini enggak menyiksa," ujarnya. (FAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com