Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mereka Menggalang Simpati untuk Franky

Kompas.com - 12/08/2010, 22:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com--Rasa simpati terus bergulir untuk kesembuhan vokalis, pencipta lagu sekaligus gitaris Franky Sahilatua yang tengah membutuhkan biaya tak sedikit pasca operasi besar tumor tulang belakang akibat kanker sumsum yang dideritanya.

 

Sutradara Garin Nugroho yang ikut bersimpati, menilai bahwa musisi yang menyebut dirinya sebagai 'Rajawali' itu merupakan sosok pemberi semangat.

 

"Franky telah memberikan spirit kesempurnaan yang dapat menghidupkan suasana. Saat ini Franky membutuhkan sumbangan karena penyakit kanker itu membutuhkan finansial yang besar." kata Garin dalam malam penggalangan dana 'Kemesraan Franky Sahilatua' di Bengkel Kafe Jakarta, Kamis ( 12/8/2010 ).

 

Menurut Garin, dengan segala keberanian yang dimiliki Franky dalam berkarya, hingga saat ini belum satupun musisi yang mampu menyaingi. "Di tengah Budaya pop tetapi dia justru bisa hidup dari lagu jalanan, dia memiliki jiwa sosial yang besar. Dia bercerita segalanya dalam lagunya, seperti ketika Pancasila dilagukannya siapa yang bisa melakukan hal itu sekarang," tekan Garin.

 

Karena itu, Garin berharap jika politik yang selama ini dikritisi Franky melalui karyanya, bisa berbalik memberi rasa kemanusiaan. "Franky itu selalu berlawanan dalam karyanya, dia harus selalu begitu. Marilah politik memiliki rasa kemanusiaan. Saya yakin jumlah yang dibutuhkan Franky adalah kecil bagi politik. Saya berkeyakinan politik adalah pelayanan kemanusiaan," jabar Garin.

 

Alhasil, dalam malam penggalangan dana untuk Franky Sahilatua yang ikut dihadiri Sri Sultan Hamengkubuwono X beserta GKR Hemas, Menkopolhukam Djoko Suyanto, Yeni Wahid, vokalis Ebiet G Ade, hingga Glenn Fredly berhasil menghimpun dana 'Kemesraan Frangky Sahilatua' yang diterima langsung sebesar Rp52.560.000 , US$ 6.420, Sin$ 1.050.

 

Sampai dana yang berhasil dihimpun diumumkan, sumbangan masih mengalir mengalir melalui rekening BCA No. 237-106059-8 atas nama Harwantiningrum, istri Franky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com