Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolaborasi Unik dalam Senandung Negeriku

Kompas.com - 17/08/2010, 18:13 WIB

KOMPAS.com- Dari sedikit sekolah yang punya kelompok musik (orkestra), SMA Santa Theresia boleh dibilang luar biasa. Penampilan Saint Theresia School Orchestra (STSO), Senin (16/8/2010) tadi malam di Balai Sarbini, Plaza Semanggi, adalah bukti orkestra anak sekolahan patut diperhitungkan.

Musisi terkemuka Addie MS, yang juga dikenal sebagai konduktor orkestra, menilai STSO memiliki kekuatan dan keunikan tersendiri dalam menyajikan orkestra, yang tidak dimiliki oleh orkestra lain. "STSO berhasil menjadi orkestra remaja yang cukup handal dan berkualitas," katanya.

Addie MS malam itu tampil sebagai konduktor tamu ketika STSO membawakan lagu Indonesia Raya ciptaan WR Soepratman, dalam aransemen Jos Cleber. Lagu Indonesia Raya dimainkan tidak saja karena bangsa Indonesia memeringati Hari Kemerdekaan yang ke-65, tetapi dalam rangka perayaan 50 tahun SMA Santa Theresia, sekolah yang banyak memiliki siswa-siswi bertalenta tinggi dalam memainkan instrumen musik, juga membuktikan partisipasi dalam melestarikan kesenian Indonesia melalui alat musik tradisional ke masyarakat luas.

Kepala Sekolah SMA Theresia Sr Ferdinanda Ngao OSU mengatakan, seni musik memainkan peranan penting dalam proses perkembangan generasi muda. "Seni musik dapat memberikan sentuhan-sentuhan afeksi dan spiritual yang merangkul semua suku, agama, ras, dan golongan.

Musik membuat manusia semakin peka dan semakin menyatu dengan Tuhan dan sesamanya. Itulah sebabnya di sekolah Santa Theresia, orkestra dipilih menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler," katanya.

Kolaborasi

Mengusung tema "Senandung Negeriku" STSO menunjukkan kehebatannya berkolaborasi dengan SMP St Theresia Kolintang Ensemble membawakan lagu Kambanglah Bungo dan Si Patokaan.

Dengan St Theresia Choir, STSO menghadirkan Serviam yang diaransemen Singgih Sanjaya. Dalam Chinese Overture Ondel-ondel yang diaransemen Yazeed Djamin, STSO tampil agak kocak dan menghibur.

Setelah memainkan instrumen musik Tanah Air yang diaransemen Fero Aldiansya Stefanus, penampilan berikutnya STSO berkolaborasi dengan soprano Kanti W Janis dan dilanjutkan dengan Vocal Group Guru SMA St Theresia.

Yang tak kalah unik dan menarik tatkala STSO berkolaborasi dengan Gamelan Bali LKB Saraswati dab St Theresia Choir saat membawakan lagu dari Bali Don Dap Dape, yang diaransemen Siswanto. Bunyi gamelan Bali dengan warna suara yang khas dengan musisi yang atraktif, menyatu dalam orkestra yang berawal dari sebuah ensemble, tujuh tahun lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com