Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andi /rif: Bicara Kabayan, Ya Kang Ibing!

Kompas.com - 19/08/2010, 23:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Di mata vokalis grup rock Andi /rif, Kang Ibing atau Raden Aang Kusmayatna Kusumadinata, tak bisa dilepas dari sosok Kabayan.  Ia pun pantas disebut Sang Legenda.   

"Orang lebih mengenal tokoh Kabayan karena sosok Kang Ibing. Beliau benar-benar mendalami peran Si Kabayan. Enggak salah kalau bicara Kabayan, ya Kang Ibing. Dia pantas disebut Legenda," katanya dihubungi Kompas.com di Bandung, Kamis (19/8/2010).

Kang Ibing wafat pada Kamis (19/8/2010) pukul 21.00 di usia 64 tahun. Ia sempat dirawat di Rumah Sakit Al-Islam Bandung, setelah terjatuh  di rumahnya di Cijawura, Bandung sekitar pukul 20.00.  Ketika itu ia baru pulang dari Sumedang.  

"Saya kaget ketika beliau dikabarkan meninggal.  Teman saya,  cucunya Pak Suryana Fatah, Bah Holiang, yang kasih tahu kalau Kang Ibing meninggal," katanya.  

Bagi Andi, Kang Ibing adalah orang yang cukup dikenalnya. Ayahnya, mending Sam Kariono adalah rekan Kang Ibing, sesama seniman Sunda.  "Almarhum teman dekat mendingan Papap saya. Dulu, papap aktif di kesenian Sunda, jadi dari kecil memang sudah mengenal Kang Ibing," kenangnya.

Menurut Andi, sosok Kang Ibing tak bakal tergantikan oleh siapapun, meski belakangan banyak pelawak-pelawak muda yang mengikuti gayanya. "Tapi Kang Ibing enggak bakal tergantikan.  Sosoknya  sudah nempel dengan Kabayan," katanya.

Diakui Andi, terakhir ia ketemu dengan almarhum saat sama-sama mengisi acara Ramadhan dengan anak yatim-piatu dan dhuafa. "Saya ngisi acara talkshow bareng Kang Ibing," kenang Andi. (EH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com