Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sam Bimbo: Kang Ibing Sering Khotbah

Kompas.com - 20/08/2010, 02:50 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Kepergian Raden Aang Kusmayatna Kusumadinata atau akrab disapa Kang Ibing (64) membuat kaget banyak pihak. Sejak mundur dari dunia perfilman, "Kang Kabayan" itu aktif dalam kegiatan religius. Bahkan, ia termasuk salah satu dai kondang di Jawa Barat.

Personel grup musik Bimbo, Sam Bimbo, menilai, Kang Ibing seorang pekerja keras. Di akhir hayatnya, Kang Ibing aktif di masjid. "Jadwal panggilan dia berkhotbah tak pernah lowong. Kita kehilangan seniman Sunda yang dikenal pekerja keras," tandas Sam, Jumat (20/8/2010) dini hari.

Sementara Ketua Badan Musyawarah (Bamus) Masyarakat Sunda, Memet Hamdan, yang hadir di Rumah Sakit Al Islam mengatakan, Ibing memiliki talenta kesenian yang luar biasa. Apalagi terakhir dia aktif sebagai dai. Ini membuat Ibing di mata Memet sebagai sosok yang paripurna.

"Kita kehilangan sosok besar kebanggaan urang Sunda. Kang Ibing orang yang luar biasa," ujar Memet.

"Kang Kabayan" meninggalkan seorang istri dan tiga anak. Nieke Wahyuningsih, istri almarhum, terlihat tak kuasa menyembunyikan kesedihannya. Kelopak mata wanita berkulit putih ini terus meneteskan air mata.

Ketiga anak almarhum, Dikdik Kusmadinata, Mega Kusmayadi, dan Diane Fatmawati, juga terlihat larut dalam duka saat mendampingi jenazah di kamar mayat RS Al Islam semalam.

Aktor kocak itu mengembuskan napas terakhir dalam perjalanan ke RS Al Islam Bandung, Kamis (19/8/2010) sekitar pukul 20.30 WIB.

Beberapa menit sebelumnya, Kang Ibing sempat terjatuh saat hendak turun dari mobil di depan rumahnya di Jalan Kencana Wangi No 70, Kompleks Pandanwangi, Ciwastra, Bandung. (San)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com