Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kala Anak-anak Kanker Nobar Shandy Harun

Kompas.com - 28/08/2010, 18:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Puluhan anak penderita kanker didampingi orangtuanya, Sabtu (28/8/2010), menikmati kemerdekaan dirinya dengan nonton bareng atau nobar film Cats & Dogs di bioskop XXI, Citraland, Jakarta. Dalam semangat hari Kemerdekaan ke-65 RI, anak-anak dengan bendera Merah Putih di tangan, ditemani para relawan dan mantan model kondang Shandy Harun, serta pengurus Yayasan Amway Peduli, tampak bergembira menikmati suasana.

"Jika selama ini anak-anak penderita kanker dalam keseharian berada di rumah sakit untuk pengobatan intensif, sepanjang Sabtu ini mereka merasakan kemerdekaan dirinya sendiri. Mereka merasakan kegembiraan sebagaimana layaknya anak-anak sehat seusianya," kata Public Relation Yayasan Amway Peduli, Ita Sembiring .

Hampir tak seorang pun dari puluhan anak itu yang berada di bawah naungan Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia Rumah Sakit Kanker Dharmais itu terlihat murung. Mereka menikmati kebersamaan dengan makan bareng sebelum menonton dan merasakan sendiri bagaimana antre beli tiket dan masuk bioskop.

Ita Sembiring menjelaskan, karena kondisi anak pasien kanker, masa kanak-kanak yang seharusnya diisi keriangan dan canda tawa terpaksa dihabiskan dalam kungkungan tembok rumah sakit. Dalam usia sangat belia, kanker telah bercokol dalam tubuh-tubuh mungil ini. Usia memang di tangan Tuhan dan kehidupan terus berjalan.

Meski memikul beban penyakit yang tidak ringan, bocah-bocah polos ini tidak harus selalu hidup dalam kemurungan. Mereka juga layak merasakan kegembiraan sebagaimana layaknya anak-anak lain seusianya. "Bersama Yayasan Amway Peduli lewat program One by One for Children, pasien kanker anak di bawah naungan Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia RS Kanker Dharmais diajak Nonton Bareng untuk pertama kalinya," ungkapnya.     

Shandy Harun mengaku terharu bisa menemani anak-anak nonton bareng. "Mereka anak-anak yang pintar dan manis. Cuma, karena kondisi kesehatannya, tidak memungkinkan ia bebas bermain sebagaimana anak-anak sehat. Anak-anak ini harus menjalani proses pengobatan berat. Meski demikian, bersama Yayasan Amway Peduli lewat programnya One by One for Children, memungkinkan anak-anak menikmati kemerdekaannya," katanya.

Kegiatan ini memang bertujuan untuk membantu para penderita untuk bisa menikmati masa kecilnya daripada lebih banyak dihabiskan untuk menjalani pengobatan. Dengan begitu, semangat kemerdekaan bisa membuat mereka benar-benar lepas dan merdeka sejenak dari segala beban penyakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com