Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Caranya Mendandani Tubuh Sesuai Bentuknya

Kompas.com - 14/09/2010, 13:47 WIB

KOMPAS.com - Setiap orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda dan unik. Stylist busana, Emily Current dan Meritt Elliott yang sudah melanglang buana mendandani selebritis di karpet merah dan berbagai majalah berbagi tips bagaimana mendandani tubuh dengan bentuk yang berbeda. Ini kata mereka:

Bentuk Jam Pasir
Siluet pinggang yang berlekuk sangat menarik untuk ditunjukkan. Untuk bentuk tubuh seperti ini, penting untuk mengaksentuasikan pinggang dan pinggul, serta tak lupa untuk memilih fabrikasi yang pas tubuh, serta warna-warna busana solid. Pilih atasan yang jatuh di pinggang dan celana yang sedikit melebar (boot cut) di bagian bawah untuk menyeimbangkan tubuh. Hindari lingkar leher yang tinggi, lipit, dan baggy. Bereksplorasilah dengan ikat pinggang yang memeluk lekuk dan rok pensil ala Joan Harris di film Mad Men.

Berdada Besar
Kuncinya ada di lingkar leher. Pilih yang bentuknya lonjong (scoop), V, dan kotak untuk membuat leher terlihat lebih jenjang dan meminimalisir payudara yang besar. Hindari lingkar leher yang tinggi dan crewneck T-shirt (lingkar leher kaus yang sempit). Hindari bentuk busana empire dress (yang garis dadanya tinggi), smock (kerut-kerut), atau seperti tent (tenda). Hindari pula pola print yang ramai, juga garis horizontal. Berinvestasilah pada ikat pinggang yang bisa memperlihatkan lekuk pinggang dengan bagus.

Bentuk Tubuh Penuh
Warna senada dari atas, lini yang bersih, dan pakaian yang membentuk tubuh akan menarik untuk tipe tubuh penuh. Jangan cari bentuk pakaian yang lurus seperti karung. Lengan tiga per emat akan terlihat bagus dan memperlihatkan sedikit kulit. Sementara untuk celana, carilah yang bertipe bootleg atau flare leg untuk menambahkan kesan tinggi.

Tubuh Mungil
Wanita yang mungil, seperti Eva Longoria akan cantik jika didandani dengan warna yang monochromatic untuk memberi ilusi jenjang. Celana yang panjangnya berlebih di hak sepatu high heels akan membuat Anda tampak sedikit lebih tinggi. Kenakan siluet yang cukup nyaman, tidak terlalu ketat, tetapi juga tidak terlalu besar.

Tubuh Kurus dan Tinggi
Mereka yang memiliki tubuh kurus dan tinggi punya aturan yang berbeda. Padu padan warna dan motif print akan memberikan kesan lekuk, dan kadang membuat tubuh tidak terlalu terlihat amat tinggi. Atasan tunik, lipit, dan ruffle akan menciptakan volume dan feminitas.

Bentuk Pir
Ini adalah bentuk tubuh yang agak susah-susah gampang untuk didandani. Namun, jika ditata tepat, bisa telrihat cantik dan feminin. Rok A-Line atau celana boot cut dengan padanan atasan atau cropped blazer pas tubuh akan terlihat lebih cantik pada tubuh ini. Pusatkan aksesoris seperti motif, kilau, atau flare pada bagian pundak atau sekitar leher untuk membuat ilusi keseimbangan.

Tips bergaya untuk segala bentuk tubuh:
Pilihlah warna gelap dan solid untuk meminimalkan area yang bermasalah. Pusatkan warna yang cerah, bersinar, dan print untuk menonjolkan area yang dibanggakan. Intinya adalah keseimbangan. Jika Anda suka dress yang lembut, melambai, dan feminin, kenakan blazer bagus untuk melengkapi busana dan memerlihatkan padanan high/low. Atau jika Anda suka pakaian yang baggy, jins berlubang, kenakan atasan kaos solid. Keseimbangan adalah kuncinya. Saat Anda ragu, pilihlah pakaian yang simpel dan klasik, lalu kenakan aksesoris untuk melengkapinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com