Dorce Kembalikan Bonus Manggung ke KPK

Kompas.com - 22/09/2010, 17:56 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis Dorce Gamalama mengembalikan uang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, sebesar Rp 3 juta ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Saat dihubungin Kompas.com, Rabu ini (22/9/2010), Dorce mengaku bangga bisa mengembalikan uang yang diduga dikorupsi oleh mantan bupati Langkat Syamsul Arifin itu. "Tadi siang itu agendanya pengembalian uang yang saya terima dari dia (Syamsul) ke KPK. Saya bangga," ungkap Dorce.

Dorce semula kaget setelah secara tidak sengaja menerima uang bonus yang dicomot dari APBD Langkat. "Ya, awalnya kaget. Tapi, sekretaris saya yang lebih kaget," ceritanya.

Menurut kesaksian Dorce, uang tersebut diterimanya pada 2002. "Jadi, tahun 2002 itu saya konser di sana. Terus, saya godain dia untuk tambahin bayaran saya. Eh, enggak tahunya, saya dikasih Rp 3 juta dari orang. Saya enggak tahu itu ajudan siapa. Nah, uang ini di luar kesepakatan bayaran. Bonus lah," bebernya.

Namun, menerima uang yang menurutnya haram itu membuat Dorce jadi tak tenang. "Saya juga enggak mau, ngapain makan uang haram. Jadi, saya kembalikan saja. Untung, uangnya cuma Rp 3 juta," sambungnya.

Dari kejadian tersebut, Dorce, yang diperiksa selama satu setengah jam oleh petugas KPK, mengaku mengambil hikmahnya. "Ya ini juga buat pelajaran artis-artis yang lain. Sebaiknya kita sudah enggak usah menerima bonus di luar bayaran kita, karena kita kan enggak tahu uang itu dari mana," pesan Dorce.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.