Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorce Kembalikan Bonus Manggung ke KPK

Kompas.com - 22/09/2010, 17:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis Dorce Gamalama mengembalikan uang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, sebesar Rp 3 juta ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Saat dihubungin Kompas.com, Rabu ini (22/9/2010), Dorce mengaku bangga bisa mengembalikan uang yang diduga dikorupsi oleh mantan bupati Langkat Syamsul Arifin itu. "Tadi siang itu agendanya pengembalian uang yang saya terima dari dia (Syamsul) ke KPK. Saya bangga," ungkap Dorce.

Dorce semula kaget setelah secara tidak sengaja menerima uang bonus yang dicomot dari APBD Langkat. "Ya, awalnya kaget. Tapi, sekretaris saya yang lebih kaget," ceritanya.

Menurut kesaksian Dorce, uang tersebut diterimanya pada 2002. "Jadi, tahun 2002 itu saya konser di sana. Terus, saya godain dia untuk tambahin bayaran saya. Eh, enggak tahunya, saya dikasih Rp 3 juta dari orang. Saya enggak tahu itu ajudan siapa. Nah, uang ini di luar kesepakatan bayaran. Bonus lah," bebernya.

Namun, menerima uang yang menurutnya haram itu membuat Dorce jadi tak tenang. "Saya juga enggak mau, ngapain makan uang haram. Jadi, saya kembalikan saja. Untung, uangnya cuma Rp 3 juta," sambungnya.

Dari kejadian tersebut, Dorce, yang diperiksa selama satu setengah jam oleh petugas KPK, mengaku mengambil hikmahnya. "Ya ini juga buat pelajaran artis-artis yang lain. Sebaiknya kita sudah enggak usah menerima bonus di luar bayaran kita, karena kita kan enggak tahu uang itu dari mana," pesan Dorce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com