Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cepat atau Lambat, Tubuh Anda Akan Berubah

Kompas.com - 24/09/2010, 16:40 WIB

KOMPAS.com - Saat tampil dalam acara bincang-bincang The Ellen DeGeneres Show, Rabu (22/9/2010) lalu, Brooke Shields sempat berkisah tentang iklan jeans Calvin Klein yang dibintanginya 30 tahun lalu. Ketika itu Brooke masih berusia 15 tahun, tampil mengenakan jeans dengan kemeja pria yang hanya dikancingkan di bagian teratas sambil mengatakan, "You want to know what comes between me and my Calvins? Nothing." Iklan ini memancing kontroversi, namun toh mendongkrak penjualan jeans Calvin Klein.

"Itulah pertama kalinya mereka membuat iklan televisi yang provokatif dan cerdas," seru Brooke, yang saat itu sedang mempromosikan drama musikalnya, A Leap of Faith.

Yang mengejutkan, saat bincang-bincang itu Brooke mengaku bahwa jeans Calvin Klein itu masih muat ketika dipakainya sekarang. Padahal, ia kini sudah 45 tahun, menikah dengan dua orang anak.

"Saya berhasil menarik resletingnya ke atas. Memang tidak terlihat bagus, tapi masih muat. Celana itu tingginya segini," katanya, sambil meletakkan tangannya di bawah dada. "Lingkar pinggangnya tinggi sekali, dan saya terlihat seperti sosis saat mengenakannya."

Pengakuannya ini memang sulit dipercaya. Andaikan Anda saat ini berusia 45 tahun, apakah jeans yang Anda kenakan saat kelas 3 SMP masih bisa Anda pakai? Sekurus apapun tubuh Anda saat ini (meskipun sudah memiliki anak), Anda pasti tetap lebih gemuk daripada ketika remaja. Brooke sendiri, meskipun tubuhnya terlihat ramping dan atletis, juga tidak selangsing dirinya di dalam foto iklan Calvin Klein tersebut.

Bagaimanapun juga, tubuh perempuan cenderung akan berubah seiring bertambahnya usia. Cepat atau lambat hal itu akan terjadi, kecuali sudah sejak lama Anda tertib mengatur pola makan dan berolahraga. Semakin lama Anda menunda upaya ini, semakin sulit tubuh Anda melawan pertambahan berat badan.

Menurut Darren Chow, penulis dan pendiri MyArtPassion.com, setelah memasuki usia 30 tahun perempuan biasanya akan menghadapi masalah berkurangnya jaringan otot. Jaringan otot ini akan berkurang setiap tahun jika tidak cukup ada otot yang terbangun melalui latihan. Repotnya, penurunan jaringan otot ini akan diikuti dengan penurunan kekuatan tulang dan metabolisme, sehingga menguras energi dan vitalitas Anda. Itu saja masalahnya?

Ternyata tidak. Masih ada persoalan lemak yang menggelambir di sekitar perut, lengan, atau dagu, yang pasti tidak Anda sukai. Jaringan otot adalah jaringan yang sangat aktif dan menuntut energi yang tinggi (melalui kalori) termasuk saat Anda beristirahat. Sebelum usia Anda mencapai 40 tahun, Anda akan kehilangan sekitar 4,5 kg otot, dan menurunkan metabolisme Anda hingga sekitar 10 persen. Sebaliknya, Anda justru akan menambah sedikitnya 9 kg lemak tubuh. Namun dengan hilangnya 4,5 kg otot, artinya Anda sebenarnya akan menambah sekitar 13 kg lemak!

Nah, kondisi inilah yang akan membuat bentuk tubuh Anda berubah. Tubuh bagian tengah akan melebar, sedangkan kaki bagian atas akan mengecil dan mengurus, yang menunjukkan hilangnya massa otot dari kelompok otot besar dari tubuh (quadricep).

Untuk mencegah perubahan ini terjadi, atau setidaknya mengurangi, Anda perlu meminta bantuan personal trainer untuk mengarahkan program latihan seperti apa yang perlu Anda lakukan. Dengan membangun kembali dan memulihkan jaringan otot, metabolisme Anda akan meningkat dan perlahan akan membakar kelebihan lemak tubuh dan mengubahnya jadi energi. Dengan personal trainer atau ahli gizi, Anda juga bisa minta petunjuk pola makan seperti apa yang harus Anda terapkan.

Ketika usia bertambah, kecantikan, kemudaan, dan tubuh Anda mungkin tidak lagi hadir dengan sendirinya. Anda butuh upaya besar untuk mendapatkannya. Namun meskipun Anda tidak terlihat seperti saat masih remaja, tubuh kencang dan berisi juga akan membuat Anda tampak awet muda. Dan, jangan lupa, Anda akan mengalami fase "mature gracefully". Tak ada yang lebih indah daripada fase ini!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com