Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Balinale

Kompas.com - 26/09/2010, 04:24 WIB

Artis senior Christine Hakim (54) optimistis Indonesia bisa menjadi salah satu tempat tujuan bagi para pembuat film dunia. ”Kita memiliki segalanya: gunung, laut, kekayaan alam yang melimpah, bahkan koruptor pun ada ha-ha-ha,” canda Christine pada acara jumpa pers Balinale International Film Festival 2010, Kamis (23/9).

Balinale adalah ajang pertemuan para pembuat film dunia yang digelar di Bali. Tahun ini Festival Film Balinale yang didirikan oleh Christine dan rekannya, Deborah Gabinetti, memasuki tahun keempat dan rencananya akan digelar pada 12-17 Oktober 2010.

Melalui Balinale, Christine berharap para pembuat film dunia akan mengeksplorasi Indonesia untuk karya-karya film mereka. Bukan hanya dari sisi mencari lokasi syuting di Indonesia yang kaya pemandangan alamnya, tetapi juga menggali inspirasi cerita dari Indonesia. ”Bali hanya sebagai pintu masuknya,” tutur Christine.

Selama tiga tahun penyelenggaraan, Balinale berhasil ”menggaet” Brad Pitt dan Dede Gradner untuk memproduksi film Eat, Pray, Love di Bali. Salah satu alur cerita di film itu memang bercerita tentang perjalanan Elizabeth (tokoh utama film itu yang dibintangi Julia Roberts ) di Ubud, Bali.

”Ini studio film besar pertama yang memproduksi film layar lebar di Indonesia. Dari kegiatan itu setidaknya menyumbang sekitar 12,5 juta dollar AS bagi perekonomian lokal. Belum lagi citra positif yang bisa meningkatkan pariwisata dan investasi asing,” kata Christine berpromosi. Semoga. (IND)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com