Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Christine Hakim Pidato di Paris

Kompas.com - 06/10/2010, 23:06 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Christine Hakim selaku UNESCO Goodwill Ambassador untuk kawasan Asia Tenggara menyampaikan pidatonya pada perayaan Hari Guru se-Dunia yang diselenggarakan di kantor UNESCO di Paris, Perancis.

"Acara peringatan yang pada tahun ini bertema 'Recovery Begins With Teachers' itu juga dihadiri Dirjen UNESCO Irina Bokova," kata Sekretaris III Pensosbud KBRI Paris, Gita Loka Murti, kepada koresponden ANTARA News London, Rabu ini.

Peringatan Hari Guru se-Dunia yang digelar pada Selasa (5/10/2010) itu diisi dengan beberapa kegiatan, antara lain paparan sejumlah ahli pendidikan dari berbagai belahan dunia dan pameran foto yang menyoroti kegiatan guru sehari-hari.

Dalam kesempatan itu, Christine Hakim yang juga artis kawakan dari Indonesia menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia telah memberi perhatian yang sangat besar bagi dunia pendidikan. "Ini terbukti dari anggaran di bidang itu telah dialokasikan Pemerintah Indonesia lewat APBN sebesar 20 persen atau lebih tinggi dibandingkan bidang lainnya," katanya.

Christine Hakim juga sempat menyoroti makin terkikisnya nilai-nilai kebersamaan dalam masyarakat Asia yang sekarang ini semakin individualistis. Ia mengajak agar nilai kebersamaan terus ditingkatkan.

Christine Hakim diangkat sebagai UNESCO Goodwill Ambassador yang inagurasinya dilakukan pada acara Pertemuan Tingkat Menteri E-9 (Education-9) pada Maret 2008 di Bali.

Tugas utama Goodwill Ambassador adalah meningkatkan kepedulian masyarakat tentang pentingnya peran guru serta kebutuhan-kebutuhan dan tantangan yang dihadapi guru di wilayah Asia Tenggara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com