Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebolehan Aneka Band Lokal

Kompas.com - 11/10/2010, 15:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Java Rockin' Land (JRL) 2010, yang telah digelar pada 8-10 Oktober lalu, juga menjadi tempat para pemusik Tanah Air menghibur sekaligus mempertontonkan kebolehan mereka. Contohnya bisa dapat dari grup-grup dalam negeri yang tampil pada hari pertama, 8 Oktober 2010, festival musik yang diselenggarakan di Pantai Karnaval, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta. 

Stonation, band dari Bandung, mulai beraksi di Gudang Garam Dome Stage begitu waktu menunjukkan pukul 17.15 WIB. Sembari mengucap salam, Stonation, yang terdiri dari Inong Loebis (vokal), Setiagiri Agung (gitar), Dony Pattiwa (bas), Dadi Firmansyah (djembe dan perkusi), serta Dwan Ismaputra (cajon), membuka pertunjukan akustik mereka dengan membawakan ulang lagu-lagu populer sejumlah band dunia seperti, U2, Red Hot Chili Peppers, dan KORN. 

Walaupun jauh dari ingar bingar distorsi gitar, Stonation tetap menggoyang dan mengajak bernyanyi para penonton bersama dengan lagu "Pretty Lady" milik KORN. Selain itu, Inong, yang memiliki vokal "bunglon" (bisa mirip sejumlah vokalis band dunia), menyuguhkan hit "Aeroplane" milik Red Hot Chili Peppers dengan mantap.

Bergeser ke panggung utama Gudang Garam InterMusic, ada band lain asal lainnya, /rif, yang mampu menghimpun kira-kira 1.500 penonton. "Arah", lagu yang juga mengisi film Jelangkung, menjadi suguhan pertama Andi (vokal), Jikun (gitar), Ovie (gitar), Teddy (bas), dan Magi (drum). Selanjutnya, ada "Dunia" dan lagu baru mereka, "Rock n' Roll Fantasy", yang disajikan oleh Andi dan kawan-kawan, yang kali ini tampil santai dengan kemeja putih, celana panjang kulit, boots monster, dan, tentunya, topi koboi kesayangannya.

Berbeda dengan penampilan /rif di Java Rockin' Land tahun sebelumnya, Andi kali ini manggung tanpa memanjat tiang panggung ketika "Radja" meluncur sebelum "Fight" dan "Lo Tu Ye".

Menuju ke bagian utara area Java Rockin' Land 2010, ada band Saint Loco, yang sibuk menghentak para penggemarnya dengan lagu-lagu "Kedamaian", "Lay Away", dan "Santai Saja". Grup dengan formasi Joe (vokal), Gilbert (bas), Iwan (gitar), Nyonk (drum), Tiyus (spinner), dan Barry (MC) membuat adrenalin mengalir deras.

Malam semakin larut, JRL 2010 tak ubahnya medan perang para rocker. Masuk tengah malam, para penonton pun terpecah ketika bip dan The Flowers manggung di pentas terpisah, tapi dalam waktu yang relatif sama. bip, dengan vokalis vokal Ipank, menggelindingkan, antara lain, "Koncianmu", "Skak Mat", "Ada yang Hilang", sampai "Pelangi Matahari", yang menuntaskan pertunjukan mereka. Sementara itu, Njet tampil "liar" ketika mengguliekan "Boncos", lagu anak "Ambilkan Bulan Bu", "Tolong Bu Dokter", dan "Rajawali".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com