Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratna Galih: Pelecehan Bisa gara-gara Cewek

Kompas.com - 12/10/2010, 18:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kasus pelecehan seksual yang menyeret nama salah satu finalis Indonesian Idol 2007, Wilson Simon Maiseka, membuat Ratna Galih prihatin. Presenter tamu acara musik layar kaca Dahsyat ini mengatakan, media terlalu membesar-besarkan kasus tersebut.

Menurut Ratna, selama ini kasus pelecehan seksual sudah sering terjadi di Indonesia. "Itu sudah lama, cuma belakangan berita ini agak terlalu di-blow-up," kata Ratna ketika ditemui di Studio 6 RCTI, Jakarta, Selasa (12/10/2010).

Menurutnya, kasus pelecehan seksual bisa menimpa siapa saja dan terjadi tidak hanya karena pihak lelaki, tetapi juga bisa karena pihak perempuan menggoda pihak lelaki untuk melakukan perbuatan tidak senonoh.

"Bisa dari cowoknya, bisa dari ceweknya. Entah itu cara mereka berbusana, entah dari bahasa tubuh, kadang kan menggoda juga ya," tutur dara kelahiran Yogyakarta, 19 Januari 1982, ini.

Selain itu, kata Ratna, pengetahuan tentang kehidupan seks di Indonesia juga sangat minim dan seks masih tabu untuk dibicarakan di depan umum. Hal tersebut, menurutnya lagi, bisa memengaruhi remaja untuk berbuat mesum. "Karena tabu, mereka jadi penasaran," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com