SOB Bikin Rock Berasa Hip Hop di Soulnation

Kompas.com - 29/10/2010, 20:45 WIB
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com Pesta musik hip hop Java Soulnation 2010 mulai mendentum. Grup SOB yang merupakan proyek khusus rapper Iwa K, presenter Gading Marten, drumer Enno "Netral", dan DJ Schizo tampil sebagai band pembuka hajatan tahunan musik soul, R&B, dan hip hop ini.

Begitu jarum menunjuk pukul 17.30 WIB, Enno yang sudah duduk di balik set drum langsung menggebuk snare dan hit hat, meski penonton yang hadir di Istora Senayan, Jumat (29/10/2010), belum tampak ramai.

Gebukan drum yang biasanya disuguhkan Enno dengan warna punk rock bersama Netral kali ini terdengar asyik ketika menyatu dengan gesekan turntable DJ Schizo. Tak lama kemudian, Iwa K dan Gading Marten muncul di panggung menyanyikan lagu "Rollin'" milik grup musik asal AS, Limp Bizkit, sebagai lagu pertama mereka.

SOB membuktikan bahwa mereka bukan band proyekan yang sekadar meramaikan Soulnation 2010. Gading Marten yang biasanya dikenal sebagai presenter berubah menjadi penyanyi rap dan terlihat bisa mengimbangi kepiawaian maestro rap Indonesia, Iwa K. Bahkan, baru satu lagu digelontorkan SOB, penonton pun larut bergoyang.

Setelahnya, lagu milik grup Gorilaz, Red Hot Chili Peppers (RHCP), Rage Against The Machine hingga band Netral ikut disuguhkan SOB, yang tentunya dengan sentuhan hip hop.

Selain SOB, hari pertama Java Soulnation 2010 akan menjadi ajang paling istimewa bagi grup soul asal Inggris, Simply Red. Konser grup yang digawangi Mick Hucknall, Ian Kirkham, dan Dave Clayton ini pun sekaligus menjadi konser perpisahan. (FAN)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.