Soulnation 2010 Hari Pertama Milik Simply Red

Kompas.com - 29/10/2010, 23:00 WIB
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com Hari pertama Java Soulnation 2010, yang digelar di Istora Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (29/10/2010) malam, boleh jadi milik band soul Inggris, Simply Red.

Ya, festival tahunan musik soul, R&B, hingga hip hop itu begitu menyita perhatian penonton saat band yang diawaki oleh vokalis Mick Hucknall itu naik ke panggung untuk melengkapi rangkaian tur konser perpisahan mereka.

Tanpa banyak basa-basi, band yang terbentuk sejak 1983 itu langsung menggulirkan lagu-lagu andalannya, termasuk "You Make Me Feel Brand New" yang mengajak sekitar 3.000 penonton Java Soulnation 2010 bernyanyi bersama.

Aksi panggung tak menjadi monopoli Hucknall. Giliran lagu "For Your Babies", Kenji Suzuki (gitar) dan Wilson (keyboard) tampil mendominasi lewat permainan gitar akustik dan sentuhan melodi harmonis pada tuts-tuts keyboard.

Saat melanjutkan urutan lagu di repertoar, Simply Red sudah menyiapkan "Holding Back The Years" dan sebuah hit single mereka pada pertengahan 1990, "Stars". Sementara itu, "It's Only Love" menyusul.

Berikutnya, dari bagian intro melalui permainan bas Steve, penonton sudah bisa menebak jika Simply Red bakal memanjakan mereka dengan lagu "Sunrise". Simply Red memang benar-benar tahu cara membuat penggemarnya betah untuk menyaksikan penampilan mereka. "Oke, kita kembali ke album kami di 1995. Ini dia 'Come To My Aid'," ujar Hucknall.

Sentuhan brass section pun ikut menjadi bumbu lagu ini. Masuk ke klimaks pertunjukan, Simply Red secara runut menyajikan "Your Mirror" dengan bumbu musik cha-cha yang membuat penontonnya bergoyang salsa, hingga bernostalgia dengan "Something Got Me Started". Histeria spontan tercipta seusai tiga lagu tersebut.

"We want more, we want more...," pinta penonton kepada Simply Red untuk menyuguhkan encore pertunjukan mereka. Gayung pun bersambut, Hucknall memberi yang penonton inginkan. "Kalian sungguh fantastis malam ini. Ini konser perpisahan yang luar biasa. Selanjutnya, kalian pasti menginginkan lagu ini," seru Hucknall sebelum "If You Don't Know Me By Now" memungkaskan farewell party Simply Red.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.