Iis Dahlia: Kementerian Khusus Bencana

Kompas.com - 02/11/2010, 07:58 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi dangdut Iis Dahlia (38) sangat prihatin atas bencana yang bertubi-tubi menimpa Indonesia, mulai dari tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, hingga letusan Gunung Merapi di perbatasan DI Yogyakarta-Jawa Tengah.

”Bencana ini kan bukan pertama kalinya, seharusnya pemerintah selalu siap dan siaga menangani bencana-bencana seperti ini. Aku berharap ada kementerian khusus yang menangani bencana supaya begitu ada bencana langsung dapat ditangani,” kata Iis Dahlia.

Menurut Iis, masyarakat sekarang ini sudah cukup tanggap dengan turut menyumbang untuk korban bencana.

”Artis juga ikut menggalang dana. Masalahnya, ketika bantuan sudah siap, kita malah tidak bisa menyalurkan. Bantuan justru menumpuk dan tidak sampai kepada korban bencana. Misalnya Mentawai, ini kan susah membawa bantuan ke sana. Semestinya ada cara untuk mengatasinya,” ucap pelantun ”Dangdut Samudera” dan ”Penguasa Hati” itu.

Hal lain yang ia sesalkan adalah ketidakpekaan atau ketidakpedulian masyarakat di daerah rawan bencana akan keselamatan dirinya.

”Pemerintah sudah mengingatkan dan meminta masyarakat mengungsi agar tidak terkena bencana Merapi. Tapi, mereka malah meremehkan peringatan itu. Memang umur di tangan Tuhan, tapi kalau mereka mau diungsikan lebih awal, tentunya jumlah korban tidak akan sebanyak ini,” ujar Iis. (LOK)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.