Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terjebak Debu Merapi, Eross Urung Manggung

Kompas.com - 06/11/2010, 01:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Lantaran terjebak debu akibat letusan Gunung Merapi di Yogyakarta, Eross Candra, gitaris Sheila On 7, urung tampil dalam konser amal Dari Gitaris untuk Indonesia di halaman Bentara Budaya Jakarta (BBJ), Jumat (5/11/2010) malam.

"Rencananya aku main bareng Piyu 'Padi', Tohpati, Baron, dan Dewa Budjana. Tapi, tak bisa karena banyak penerbangan dari Bandara Adisutjipto ke Jakarta dibatalkan. Pembatalan itu karena landasan Bandara penuh dengan abu vulkanik Merapi yang meletus Kamis malam," papar Eross saat dihubungi lewat telepon, Jumat (5/11/2010) malam.

Dari Gitaris untuk Indonesia digelar Kompas Gramedia bekerja sama dengan BBJ. Kegiatan ini digagas sejumlah gitaris Indonesia untuk menggalang dana bagi korban bencana alam yang terjadi, dari mulai longsor Wasior, tsunami Mentawai, hingga letusan Gunung Merapi, Yogyakarta.    Eross tinggal di Yogyakarta. Tingginya intensitas abu vulkanik dari Gunung Merapi di kawasan tempat tinggalnya di Dusun Gentan, Ngaglik, Sleman, atau tepatnya di Jalan Kaliurang km 8,5, membuat ia harus mengungsi ke rumah ibunya di daerah Karangkajen (sekitar Jalan Parangtritis).  

"Aku langsung turun saat mengetahui di sekitar rumah turun hujan pasir. Sempat panik setelah tahu ada hujan pasir dari Merapi. Begitu tahu Merapi meletus lagi, aku memutuskan untuk mengungsi. Istriku soalnya lagi hamil enam bulan. Dari rumah, aku bawa istri ke rumah ibu. Di sana masih aman dari Merapi," cerita Eross.

Usai hujan debu reda, Eross mengaku sempat melihat rumahnya. "Aku memutuskan untuk balik lagi ke rumah tanpa istri. Saat itu rumah sudah penuh dengan pasir Merapi dan berdebu. Ya, mau enggak mau harus ngungsi lagi deh," terang Eross.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com