Terjebak Debu Merapi, Eross Urung Manggung

Kompas.com - 06/11/2010, 01:08 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Lantaran terjebak debu akibat letusan Gunung Merapi di Yogyakarta, Eross Candra, gitaris Sheila On 7, urung tampil dalam konser amal Dari Gitaris untuk Indonesia di halaman Bentara Budaya Jakarta (BBJ), Jumat (5/11/2010) malam.

"Rencananya aku main bareng Piyu 'Padi', Tohpati, Baron, dan Dewa Budjana. Tapi, tak bisa karena banyak penerbangan dari Bandara Adisutjipto ke Jakarta dibatalkan. Pembatalan itu karena landasan Bandara penuh dengan abu vulkanik Merapi yang meletus Kamis malam," papar Eross saat dihubungi lewat telepon, Jumat (5/11/2010) malam.

Dari Gitaris untuk Indonesia digelar Kompas Gramedia bekerja sama dengan BBJ. Kegiatan ini digagas sejumlah gitaris Indonesia untuk menggalang dana bagi korban bencana alam yang terjadi, dari mulai longsor Wasior, tsunami Mentawai, hingga letusan Gunung Merapi, Yogyakarta.    Eross tinggal di Yogyakarta. Tingginya intensitas abu vulkanik dari Gunung Merapi di kawasan tempat tinggalnya di Dusun Gentan, Ngaglik, Sleman, atau tepatnya di Jalan Kaliurang km 8,5, membuat ia harus mengungsi ke rumah ibunya di daerah Karangkajen (sekitar Jalan Parangtritis).  

"Aku langsung turun saat mengetahui di sekitar rumah turun hujan pasir. Sempat panik setelah tahu ada hujan pasir dari Merapi. Begitu tahu Merapi meletus lagi, aku memutuskan untuk mengungsi. Istriku soalnya lagi hamil enam bulan. Dari rumah, aku bawa istri ke rumah ibu. Di sana masih aman dari Merapi," cerita Eross.

Usai hujan debu reda, Eross mengaku sempat melihat rumahnya. "Aku memutuskan untuk balik lagi ke rumah tanpa istri. Saat itu rumah sudah penuh dengan pasir Merapi dan berdebu. Ya, mau enggak mau harus ngungsi lagi deh," terang Eross.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.