Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moore dan Kutcher tentang Prostitusi "Online"

Kompas.com - 06/11/2010, 06:05 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Aktris Demi Moore (47) dan suaminya, Ashton Kutcher (32), kembali membuat gebrakan di luar bisnis hiburan mereka. Moore dan Kutcher meluncurkan kampanye untuk menghentikan perdagangan manusia, terutama perdagangan perempuan yang dipaksa melayani seks lewat internet.

Kampanye itu menggunakan yayasan yang mereka dirikan, yaitu DNA (Demi and Ashton) Foundation. Bintang film Ghost ini menyebut fenomena bisnis seks online sebagai perbudakan modern dengan estimasi korban di dunia mencapai 27 juta orang.

Mereka sudah menemui staf Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mengurusi obat-obatan dan kriminal. Pertemuan itu membahas maraknya prostitusi internet. DNA Foundation akan membantu para korban perbudakan untuk memperbaiki hidupnya.

”Perbudakan secara global merupakan rahasia menjijikkan. Ini terjadi di mana saja, bahkan di depan mata kita, dan kita mengabaikan saja,” kata Kutcher.

”Sekarang semakin banyak budak dibandingkan sebelumnya, terjadi diam-diam lewat internet. Dengan identitas yang disembunyikan, orang bisa order dan membayar prostitusi online,” kata Moore.

Moore dan Kutcher akan bekerja sama dengan raksasa-raksasa bisnis internet, seperti Twitter, Google, Facebook, dan Microsoft. Setidaknya, raksasa-raksasa itu bisa membantu investigator melacak identitas pembeli. (IMDB/AMR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com