Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film "Bendera Sobek" Ikut Festival

Kompas.com - 16/11/2010, 04:32 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com--Film "Bendera Sobek", diproduksi PT Rajawali Megah Vision bekerja sama dengan Telkom Flexi, akan didaftarkan untuk mengikuti 12 festival film internasional di berbagai negara pada 2011.

Sutradara film itu, Dwi Ilalang, yang diwawancara melalui telepon dari Surabaya, Senin, mengatakan, sudah delapan dari 12 festival film mancanegara yang siap menerima film tersebut sebagai peserta. "Ini tentu sebuah kebanggaan, karena film masih proses ’casting’ dan belum diproduksi," katanya.

Ia menjelaskan jadwal produksi film "Bendera Sobek" dimulai awal 2011, setelah proses pencarian dan pelatihan calon bintang atau pemeran selesai dilakukan. Film itu rencananya dilepas pada 31 Mei 2011 atau bertepatan dengan hari jadi Kota Surabaya.

Mulai pekan ini hingga akhir Desember, Telkom Flexi dan tim produksi film bertema perjuangan itu sedang menggelar program "Kejar Bintang" untuk calon pemerannya.

Proses audisi yang dilakukan di seluruh kota di Jawa Timur, lanjut Dwi Ilalang, sekaligus menjajaki potensi pasar penonton film "Bendera Sobek".

"Artinya, ketika pembuat film belum tahu apakah film yang diproduksi ada penontonnya atau tidak, kami sudah punya gambaran penonton sebelum film ini selesai," kata dia.

Sementara itu, humas Telkom Flexi Jatim, Bali dan Nusa Tenggara, Ivone Handayani mengatakan, pihaknya telah menggandeng grup band "Netral" untuk mengisi lagu pengiring dari film tersebut.

"Pemilihan Netral sudah melalui pertimbangan sangat matang, karena mereka merupakan salah satu grup band yang sudah malang melintang di dunia musik Indonesia selama 18 tahun," katanya.

Penyanyi sekaligus pemain bass "Netral", Bagus Dhanar, mengatakan diperlukan pendalaman dari isi skenario film untuk membuat sebuah lagu tema agar lagu yang dihasilkan mendukung film tersebut.

"Membuat lagu untuk sebuah ’soundtrack’ film itu lebih sulit, kendati kami sudah kesekian kalinya membuat lagu seperti itu," katanya sebelum tampil dalam sebuah pertunjukan di Surabaya akhir pekan lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com