Pangeran William Menikah 29 April 2011

Kompas.com - 24/11/2010, 07:22 WIB
EditorEgidius Patnistik

LONDON, KOMPAS.com — Pangeran William dan tunangannya, Kate Middleton, akan menikah pada tanggal 29 April tahun depan di Westminster Abbey, sebuah gereja bersejarah di London, yang juga tempat upacara pemakaman ibu William, Putri Diana.

Petugas kerajaan, Selasa (23/11/2010), mengatakan, pasangan itu memilih lokasi tersebut dengan mempertimbangkan pemandangannya yang indah serta suasananya yang intim dan bersejarah bagi kehidupan kerajaan.

Tanggal tersebut juga dipilih karena keduanya menginginkan pernikahan berlangsung di musim semi, bersamaan dengan perayaan hari orang suci Santa Catherine dari Siena. Pemerintah juga telah mengumumkan hari itu sebagai hari libur nasional.

Sekretaris pribadi Pangeran William, Jamie Lowther-Pinkerton, mengatakan, pertimbangan suasana yang intim lebih menjadi alasan utama untuk memilih gereja berusia 1.000 tahun itu, selain dari kapasitas ruangannya yang mampu menampung hingga 2.200 orang.

Dibiayai sendiri Gereja itu juga punya nilai bersejarah mengingat nenek Pangeran William, Ratu Elizabeth II, dan juga ibunya menikah di tempat di mana para Raja dan Ratu Inggris selama ini dimahkotai.

Pihak kerajaan lebih lanjut memastikan bahwa biaya pernikahan, di luar masalah pengamanan, akan dibiayai sendiri oleh kedua mempelai. Hal itu disampaikan mengingat sejumlah kritik yang muncul dari masyarakat Inggris. Khalayak mempertanyakan upacara pernikahan mewah yang digelar di tengah sulitnya keadaan perekonomian.

”Semua pihak yang terlibat dalam upacara pernikahan itu ingin memastikan pestanya bisa meriah dan juga sesuai dengan kondisi perekonomian saat ini,” ujar Lowther-Pinkerton. (AP/DWA)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.