Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ida Kusumah Pernah Diminta Berhenti Berkarier

Kompas.com - 26/11/2010, 10:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Anak keempat almarhumah Raden Siti Endeh Ida Hendarsih Atmadi Kusumah (71), yang sebagai aktris terkenal dengan nama singkat Ida Kusumah, mengatakan bahwa ibunya sangat mencintai dunia seni, khususnya, seni peran, sampai akhir hayatnya.

"Mami menunaikan tugas dalam dunia yang dicintainya, dunia seni," kata Elan (38), anak Ida itu, kepada para peliput di rumah duka, di Kompleks Perumahan Mahkota Mas, Cipondoh, Tangerang, Jumat (26/11/2010) .

Menurut Elan, yang didampingi oleh anak kedua Ida, Heru, dunia seni merupakan dunia ibunya. "Mami sangat mencintai dunia seni. Setiap peran yang ia dapatkan adalah sebuah tantangan. Tak pernah Mami mengatakan peran ini lebih baik, peran itu tidak. Semuanya ia terima dan dijalani dengan baik," kisah Elan. 

Lanjut Elan, anak-anak Ida sering menasihati ibu mereka untuk berhenti saja dari dunia seni peran, namun Ida menolak. "Kami, anak-anak sudah sering bilang, 'Sudahlah Mami istirahat saja'. Namun, saking cintanya kepada dunia seni, Mami tak mau berhenti," kenangnya. 

Ida Kusumah mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Puri Cinere, Depok, pada Kamis (25/11/2010) pukul 20.30 WIB, setelah terkena serangan jantung ketika menjalani shooting untuk sinetron seri panjang Cinta Fitri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com