Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Jakarta Penuhi Kota Tua

Kompas.com - 29/11/2010, 03:23 WIB

Jakarta, Kompas - Batavia Art Festival yang digelar dalam rangka Gebyar Taman Fatahillah di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, menyedot minat ribuan warga Jakarta selama akhir pekan lalu.

Gebyar Taman Fatahillah adalah rangkaian kegiatan yang berlangsung selama satu bulan, mulai 20 November hingga 20 Desember 2010. Ajang itu melibatkan semua museum di Kota Tua, yakni Museum Sejarah Jakarta, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, Museum Bahari, dan UPT Kota Tua.

”Acara ini merupakan yang ke 15 kalinya sejak digelar tahun 2002,” kata Dwi Martati, dari bagian Seksi Koleksi dan Perawatan Museum Sejarah Jakarta.

Menurut Dwi, pada pergelaran sebelumnya, jumlah pengunjung yang datang 15.000 orang. Jumlah itu hanya untuk acara Batavia Art Festival yang menjadi salah satu rangkaian acara dari Gebyar Taman Fatahillah.

”Untuk Batavia Art Festival sekarang belum tahu karena masih dihitung hingga penutupan, Minggu (28/11). Kalau melihat animonya, sepertinya jumlahnya lebih besar,” tutur Dwi.

Sementara itu Kepala Museum Sejarah Jakarta Dahlan mengatakan, Batavia Art Festival diharapkan bisa meningkatkan perhatian masyarakat terhadap kawasan Kota Tua, Jakarta.

”Di sini para pengunjung bisa mencoba dan membuat karya-karya seni yang dipamerkan. Semakin banyak yang mendalami seni, makin maju dunia kesenian kita,” ungkap Dahlan.

Dahlan mengharapkan, Batavia Art Festival juga bisa menjadi ajang yang efektif bagi para seniman dan perajin untuk menunjukkan hasil karya seni mereka kepada masyarakat umum.

”Masyarakat menjadikan Taman Fatahillah sebagai pusat seni dan kreativitas,” katanya.

Pengunjung terbanyak

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com