"The Kings Speech" Pimpin Nominasi Golden Globe 2010

Kompas.com - 15/12/2010, 09:46 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Film berbiaya kecil yang mengangkat sejarah Inggris tentang Raja George VI berhasil memimpin perolehan nominasi di ajang Golden Globe Awards ke-68, yang diumumkan The Hollywood Foreign Press Association di Los Angeles, Amerika Serikat, Selasa (14/12/2010). Sementara film laris The Social Network berhasil memperoleh enam nominasi.

The King's Speech yang dibintangi Colin Firth dan Helena Bonham Carter  dinominasikan untuk kategori-kategori bergengsi, seperti Gambar Terbaik, Sutradara, Aktor, Skenario, Scoring Music serta Aktor dan Aktris Pendukung.

Masuknya film berbiaya minim tersebut diajang Golden Globe langsung disambut hangat aktor asal Australia Geoffrey Rush. Menurut dia, hadirnya film-film berbiaya rendah memberi warna dan meluaskan "pertempuran" lebih bermakna. "Melihat proyek film dengan biaya rendah ikut bermain di arena internasional membuat ajang ini jauh lebih berharga," katanya.

Rush sendiri diunggulkan mendapatkan penghargaan untuk Aktor Pemeran Pendukung Terbaik atas perannya sebagai ahli terapi Lionel Logue dalam film tersebut. Ia akan bersaing dengan Christian Bale (The Fighter),  Michael Douglas (Wall Street: Money Never Sleeps), Andrew Garfield  (The Social Network) dan Jeremy Ranner (The Town).

Sementara untuk kategori Film Terbaik, The King's Speech akan bertarung kuat dengan unggulan lainnya seperti Black Swan karya sutradara Darren Aronofsky, The Social Network (David Fincher), The Fighter (David Russell) dan Inception (Christopher Nolan).

Rencananya, malam pengumuman dan penganugerahan The Golden Globe akan dimeriahkan dengan bertabur bintang pada 16 Januari 2011 mendatang.  Hasil pemenang Golden Globe disebut-sebut menjadi bayangan untuk Academy Awards, yang digelar sebulan kemudian, tepatnya pada 27 Februari 2011.

Baca tentang


    Rekomendasi untuk anda
    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X