Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Melaju ke Final

Kompas.com - 19/12/2010, 03:30 WIB

hanoi, sabtu - Tim nasional Malaysia menanti pemenang laga semifinal antara Indonesia dan Filipina di babak final Piala Suzuki AFF 2010. Malaysia mengantongi tiket final dengan keunggulan agregat 2-0 setelah menahan Vietnam 0-0 pada leg kedua di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Sabtu (18/12) malam.

Ini merupakan salah satu tonggak penting dalam sepak bola Malaysia yang baru pertama kali menembus final Piala AFF. Malaysia terakhir kali menembus final saat turnamen ini masih bernama Piala Tiger pada 1996. Malaysia ditekuk Thailand 0-1.

Malaysia yang telah mengantongi keunggulan 2-0 di leg pertama, bermain pragmatis dengan pertahanan ketat dan sesekali menyerang balik. Tim besutan pelatih Krishnasamy Rajagobal ini jelas ingin mengamankan dua gol yang disumbangkan oleh penyerang Safee Sali. Safee yang dipasang sendirian di lini depan untuk serangan balik beberapa kali mengancam gawang Vietnam.

Sebaliknya, Vietnam—yang berusaha membalik situasi—bermain menyerang sejak awal laga. Apalagi, mereka didukung oleh sekitar 40.000 penonton yang memadati Stadion My Dinh.

Tim besutan pelatih asal Portugal, Henrique Calisto, itu mengandalkan serangan melalui kedua sayap. Aliran bola ke depan juga dibantu oleh bek kiri Doan Viet Cuong. Pemain bertahan itu memiliki peluang mencetak gol di akhir babak pertama karena ruang tembaknya sangat terbuka. Sayang, tendangannya masih sedikit melenceng ke samping kanan gawang Malaysia.

Di babak kedua, Vietnam semakin meningkatkan serangan. Namun, pertahanan Malaysia sangat rapat dengan memasang lima pemain di lini pertahanan ditambah satu gelandang berta- han di depan dua bek tengah.

Vietnam semakin kesulitan mencetak gol setelah pemain tengah Pham Thanh Luong diusir wasit pada menit ke-71 karena pura-pura dijatuhkan di dalam kotak penalti Malaysia. Bermain dengan 10 orang tidak mengendurkan serangan Vietnam yang mencari minimal tiga gol tanpa balas untuk lolos ke final.

Rajagobal optimistis timnya yang berisi para pemain muda akan tampil semakin baik di laga final. Ia mengakui, timnya sempat bermain di bawah harapan saat ditekuk Indonesia 5-1 pada babak perempat final. Namun, kini timnya bermain semakin baik dan kompak.

”Semua orang tahu, saya memiliki para pemain yang masih sangat muda, khususnya barisan pertahanan,” ujar Rajagobal, seperti dikutip situs resmi AFF.

Pertahanan Malaysia memang tampil sangat disiplin. Mereka tidak memberikan ruang tembak bagi para penyerang Vietnam.

Di final yang menerapkan sistem kandang dan tandang, Malaysia akan bertemu dengan pemenang semifinal antara Indonesia dan Filipina. Indonesia yang unggul 1-0 di leg pertama masih bisa tersingkir jika Filipina mencetak minimal 2 gol. Laga itu akan menjadi pertarungan habis-habisan timnas Indonesia dan Filipina. (ANG)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com