Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tikam: Olah Vokal Sambil Yoga

Kompas.com - 21/12/2010, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Model sekaligus pemain film dan sinetron yang juga menyanyi, Titi Kamal, mengaku memiliki cara sendiri untuk berolah vokal. Katanya, kalau ada waktu luang, perempuan yang bernama panggilan Tikam ini biasa berolah vokal sembari melakukan yoga atau mencemplungkan diri ke kolam renang.

"Caranya, nyebur ke kolam renang, terus teriak-teriak di dalam situ, atau sambil ngelakuin gerakan yoga, sambil latih diafragma juga," cerita Tikam ketika ditemui seusai mengisi program televisi Sensasi Artis, di Studio Penta SCTV, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (20/12/2010).

Tak hanya itu, lanjutnya, sembari berjalan-jalan pun ia berolah vokal. "Ya, pokoknya kalau lagi jalan-jalan, entah di mal atau lagi di mobil, aku usahain juga untuk teriak atau cuma menggumam," cerita istri artis peran dan model Christian Sugiono ini lagi.

Tikam berlatih seperti itu untuk menjaga kondisi vokalnya. "Ya supaya suaranya matang. Kan sekarang banyak banget acara musik yang pagi-pagi. Jadi, kalau habis bangun tidur, suaranya jadi serak dan parau gitu, jadi kurang bagus kan kalau didengar. Harus ada pemanasan dululah sebelum nyanyi," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com