6nam 9embilan Dituding Contek ADA Band - Kompas.com

6nam 9embilan Dituding Contek ADA Band

Kompas.com - 23/12/2010, 11:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Banyak yang menilai bahwa lagu-lagu grup 6nam 9embilan memiliki kemiripan dengan lagu ADA Band. Penilaian itu tentu bukanlah hal yang terbantah.

Maklum, Krishna Balagita, pemain keyboard yang juga motor penggerak grup bentukan November 2009 itu, pernah memperkuat ADA Band. Bahkan, sejumlah lagu ciptaan Krishna berhasil menjadi hit grup tersebut.

6nam 9embilan kini menjadi kendaraan baru Krishna setelah hengkang dari ADA Band dan sempat membentuk Krishna New Spectrume. Bersama Rizal Rakhmandika Ramadhan (vokal), Jami Hirepadja (gitar), Mohammad Rega Vanjiwara (drum), dan Boy (bas) mencoba peruntungan baru di industri musik Tanah Air.

Hasilnya? Lumayan lah untuk ukuran pendatang baru. "Mengapa Kau Lari", single pertama dalam album perdana mereka, Rebirth, dilirik oleh banyak pencinta musik pop negeri ini. Di ruang RBT (Ring Back Tone), single itu telah diunggah lebih dari 500 ribu kali. "Itu baru dari satu provider," kata Krishna.

Juli lalu, album tersebut mereka rilis. Pihak Fame, perusahan rekaman yang menaungi mereka, memilih "Mengapa Kau Lari" sebagai single jagoannya.  Warna ADA Band begitu terasa. Tak ayal, banyak yang menilai lagu itu meniru lagu ADA Band. "Kami dianggap nyontek. Lha, bagaimana, masa ngejiplak lagu sendiri. Lagu ADA Band, ya saya juga yang buat," ujar Krishna.

Tapi, mereka tak merasa khawatir dengan tudingan tersebut. Toh, perubahan formasi memberi warna baru pada ADA Band, yang berbeda dengan warna 6nam 9embilan. "Grup Ada band juga sudah mulai berubah. Jadi, penggemar yang masih menyukai grup Ada Band yang dulu mulai melirik ke kita," timpal Jami.

Awal tahun depan 6nam 9embilan akan merilis single kedua, "Pergilah Cinta". Ada warna lain yang mereka coba hadirkan dengan memberi sentuhan rock di dalamnya. Meski begitu, lagu mereka tetap easy listening.  

Rebirth juga berisi delapan lagu lainnya, seperti "Cinta Sejatiku", "Ku Harus", "Cinta Sejatiku", "Kumohon Setiamu", dan "Anugerah Cinta". Semuanya dibuat oleh Krishna.

Meski begitu, bukan berarti Krishna mendominasi. Personel-personel lain memiliki kebebasan untuk memberi warna. Kehadiran musisi muda membuat keyakinan  6nam 9embilan bisa berkibar. "Buat kami, yang terpenting berusaha untuk jujur," tekan Krishna.


EditorAti Kamil

Close Ads X