Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratna Riantiarno: Amak Baldjun Humoris

Kompas.com - 05/01/2011, 13:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Meskipun sudah terserang penggumpalan darah, semasa hidup aktor Amak Baldjun tetap humoris di mata artis peran Ratna Riantiarno, yang mengaku juga terkena penyakit itu.

"Dia bilang, 'Rat, kamu sih berobatnya di dokter mahal. Kayak saya dong, saya punya dokter favorit. Kalau saya berobat tuh dapat diskon'. Pas dengar gitu, saya ketawa saja," kenang Ratna tentang almarhum Amak, ketika Ratna melayat ke rumah duka, Jalan Kebalen, Senopati, Jakarta Selatan, Rabu (5/1/2011).

Lanjut Ratna, bintang film Ramadhan dan Ramona tersebut sempat memberi bumbu canda ketika berbicara soal penyakit itu. "Terus, dia sempat nge-lawak, 'Kalau darah kamu nge-gumpal, minum aja es krim biar lunak'," kenang Ratna lagi sambil menirukan guyonan Amak.

Selain itu, Ratna juga tak pernah lupa dengan ilmu peran yang pernah diajarkan oleh Amak kepadanya. "Kami kenal di teater TIM (Taman Ismail Marzuki, Jakarta). Mas Amak itu mengajari kami, tapi kami selalu kurang ajar sama dia. Dan, dia selalu bilang ke saya, 'Jangan grogi, enggak usah lihat penonton, lihat langit aja, pasti nanti berani'," sambungnya.

Kini Amak tinggal kenangan bagi Ratna. Pada Rabu (5/1/2011) pukul 04.45 WIB ini, Amak tutup usia pada umur 68 tahun. Jenazahnya dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta.

Kesedihan tak bisa disembunyikan oleh Ratna. "Saya sebenarnya sedih banget. Selama tiga hari dia koma, saya belum sempat menjenguknya di rumah sakit. Niatnya hari ini saya nengok, eh sudah pergi (meninggal). Tapi, di sisi lain, barangkali ini lebih baik," ucap Ratna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com