Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Changcuters: Kemarin Liar, Sekarang Lebih Kalem

Kompas.com - 12/01/2011, 23:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Membuka tahun 2011, The Changcuters, yang dihuni oleh Tria (vokal), Qibil (gitar), Alda (gitar), Dipa (bas), dan Erick (drum), tak sebatas berganti gaya penampilan menjadi ala mafioso era 1950-an. Mereka juga merilis single baru yang secara musikal mereka anggap lebih kalem daripada lagu-lagu mereka terdahulu.

"Parampampam", judul lagu baru itu. "Dari rasa, kalau kemarin sudah yang liar, sekarang coba yang kalem," ujar Tria.

Untuk menggarap lagu tersebut, The Changcuters tak menampik bahwa mereka terinspirasi oleh lagu "Twist and Shout" dari grup legendaris asal Inggris The Beatles. "Itu yang namanya nuansa. Jadi, kami memberikan sound of vintage karena kami berlima suka musik zaman dulu," kata Dipa.

Untuk mendapatkan nuasa musik tempo dulu, The Changcuters tak memerlukan sound effects. "Kami malah semakin banyak ngurangin efek," ujar Dipa. "Justru sebenarnya colbun (colongan bunyi). Ini lebih ke nguliknya aja. Untuk gitar dan amplifikasinya tidak rumit, tapi mungkin malah dari segi perekamannya karena kami mengejar aura musik zaman dulu," papar Tria.

Lagu tersebut akan menjadi bagian dari album ketiga The Changcuters, yang dijadwalkan baru akan dirilis pada April 2011. "Memang, single yang sekarang ini tidak mewakili keseluruhan album. Kami juga menyiapkan konsep Broadway, tapi saya belum bisa bicara sekarang. Ibarat masakan, ini belum jadi, nanti saja kalau sudah ada bukti," tutup Tria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com