Kisah 1 Perempuan Bergaul dengan 14 Laki-laki

Kompas.com - 15/01/2011, 11:46 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penulis Djenar Maesa Ayu kembali menerbitkan karya novel terbaru, yang sekaligus menjadi buku kelimanya. Kumpulan cerita ini diklaimnya sebagai 'anak batin' Djenar bersama 14 laki-laki terdekatnya.

"Ini buku kelima dan yang membedakan dari cerpen ini karena saya tulis bersama 14 sahabat saya dari berbagai profesi," jelas Djenar dalam jumpa pers peluncuran buku 1 Perempuan 14 Laki-Laki di Ecobar, Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (14/1/2011).

Untuk menulis berbagai ragam cerita dalam buku terbaru yang diterbitkan PT Gramedia Pustaka Utama, Djenar sengaja memilih 14 karakteristik pria yang berbeda. Mereka antara lain adalah Agus Noor, Arya Yudistira Syuman, Butet Kartaredjasa, Enrico Soekarno, Indra Herlambang, JRX "Superman Is Dead", Lukman Sardi, Mudji Sutrisno, SJ Nugroho Suksmanto, Richard Oh, Robertus Robert, Sardono W. Kusumo, Sujiwo Tejo, dan Totot Indarto.

Bisa menyatukan 14 pria dengan beragam karakteristik itu,  tentu bukanlah pekerjaan yang mudah. "Ini kumpulan cerita yang banyak ragamnya dan yang menarik karena mereka berbeda profesi, itu yang membuat saya bersemangat sebagai seorang penulis," kata Djenar.

"Tapi sangat sulit karena menulisnya tanpa konsep, apa yang sudah ada di kepala saya tiba-tiba datang tidak sesuai dengan apa yang ada di kepala saya," lanjutnya.

Bagaimana pun itu, Djenar tetap saja happy. Sebab, novel terbarunya itu dirilis bertepatan dengan hari ulang tahunnya ke-38. "Saya berpikir ini hadiah buat saya sendiri di hari ulang tahun saya, 14 Januari ini. Makanya, saya pilih 14 orang laki-laki," tutupnya. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X