Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Celana Capri untuk ke Kantor

Kompas.com - 21/01/2011, 13:27 WIB

KOMPAS.com - Mengenakan cropped pants untuk ke kantor, kenapa tidak? Selama kantor Anda tidak memberlakukan aturan berbusana yang ketat, boleh-boleh saja mengenakannya. Bahkan, Anda mungkin bisa "memasyarakatkan" penggunaan celana yang panjangnya mendekati pergelangan kaki ini. Toh, dengan paduan atasan dan aksesori yang tepat, Anda juga bisa menciptakan kesan yang formal.

Kebalikan dari keyakinan Anda selama ini, celana yang juga sering disebut sebagai celana capri ini cocok dikenakan untuk segala suasana, formal maupun kasual. Hanya saja, jika Anda tidak memilih celana dengan potongan dan panjang yang sesuai dengan bentuk tubuh Anda, bisa-bisa celana itu malah menonjolkan kekurangan tubuh Anda. Misalnya, betis jadi terlihat lebih besar, pinggul jadi lebih lebar, tubuh pun jadi terkesan lebih pendek.

Aturan pertama mengenakan cropped pants yang perlu Anda pahami adalah menghindari celana dengan pinggang yang elastis atau diberi tali serut, jika tubuh Anda tergolong besar. Tali karet atau tali serut akan berpusat di bagian pinggang, sehingga membuat pinggang dan pinggul tampak lebih besar dan berat. Pilih saja celana dengan pinggang yang diberi kancing atau pengait.

Mengenai panjang celananya, cropped pants yang ujung bawahnya lebih pendek, lebih cocok dikenakan untuk kantor yang suasananya kasual. Bila Anda bekerja di bidang kreatif, celana ini bisa Anda padankan dengan t-shirt, vest, dan tunik. Jika model celananya longgar, jangan mengenakan atasan yang longgar juga, karena kesannya jadi terlalu kasual. Kenakan atasan yang ngepas di badan untuk menyeimbangkan penampilan Anda.

Cara paling mudah untuk memberi kesan formal adalah dengan mengenakan blazer atau jaket yang berpotongan clean. Untuk dalamannya, Anda bisa memilih t-shirt dengan motif stripe, blus dengan ruffle di bagian dada, atau atasan bermotif animal print yang memberi kesan playful. Agar lebih dinamis, coba kenakan t-shirt lengan panjang dengan atasan model safari tanpa lengan.

Sebagai aksesori, Anda bisa mengenakan tote bag ataupun clutch, sesuai dengan suasananya. Jika Anda harus menghadiri acara semiformal selepas jam kantor, misalnya, kenakan celana capri ini dengan kaus lengan panjang dan vest dengan aksesn sedikit berkelip, lalu lengkapi dengan clutch. Untuk sepatu, pilihannya beragam. Bisa sepatu bertali, boots, pumps, atau gladiator.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com