Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tolak Operasi, Epy Kusnandar Pilih Akar Sidaguri

Kompas.com - 21/01/2011, 14:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis komedi Epy Kusnandar (46), yang divonis mengidap tumor otak, mencoba pengobatan alternatif untuk kesembuhan penyakitnya. Ia memilih terapi herbal juga karena biayanya relatif terjangkau.

Dalam setahun belakangan ini Epy mulai merasakan gejala penyakit yang diidapnya. "Sudah beberapa kali pusing, mual, dan jatuh pingsan di lokasi shooting. Terakhir kali, 15 Desember 2010, saat nyetir tiba-tiba mual dan mau muntah," kisah Epy dalam wawancara usai mengisi sebuah talk show televisi di kawasan SCBD Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, (21/1/2011).

Epy mengaku merasa sakit yang hebat di kepalanya. "Di dalam mobil itu seolah naik (permainan ayunan raksasa di taman hiburan) Kora-kora. Goyangannya sangat cepat," kenangnya. "Saat matiin mesin, terasa saya masih begitu juga. Saya telepon, saya bilang kalau saya habis napas dan tiba-tiba ada di UGD rumah sakit di Cikini (Jakarta)," lanjutnya.

Rasa sakit Epy sejak saat itu berkelanjutan. "Besoknya muntah lagi di rumah. Begitu seterusnya. Lalu, dibawa ke rumah sakit di kawasan Pasar Minggu dan rawat inap dua hari," kisahnya lagi.

Setelah menjalani pemeriksaan mendalam, Epy akhirnya divonis menderita tumor otak. "Awalnya didiagnosa tipus. Tetapi, begitu di-CT scan di rumah sakit, ternyata ada tumor di otak dan harus segera dioperasi. Tapi, istri saya minta untuk saya pulang saja dan memilih pengobatan tanpa operasi," papar pemeran satpam dalam tayangan seri komedi Suami-suami Takut Istri ini.

Epy lalu memilih pengobatan alternatif. "Awalnya, saat dokter bilang usia saya tinggal empat bulan lagi, buat apa saya berobat. Semoga lewat pengobatan alternatif bisa sembuh dan syukur-syukur bisa ganteng," ungkapnya masih berbumbu canda.

Dengan terapi herbal akar sidaguri saban hari, Epy terpaksa pantang memakan daging. "Tidak boleh makan daging. Sekarang masih cenat-cenut di kepala, tapi muntah-muntahnya sudah enggak lagi," ungkapnya.

Adakah peluang Epy untuk sembuh? "Tumor di bawah mili, masih bisa disembuhkan. Yang tumornya sudah gawat saja bisa disembuhkan," kata ahli terapi herbal Jeng Ana, yang menangani Epy.

Dengan mengonsumsi akar sidaguri, Epy akan melawan tumor yang diidapnya. "Akan memberi terapi di kepala, juga terapi herbal untuk menstabilkan saraf di otak, dengan akar sidaguri yang bisa menggempur tumor itu," terang Jeng Ana.

Menurut Jeng Ana, saat ini yang dibutuhkan oleh Epy selain pengobatan alternatif adalah semangat hidup untuk kesembuhannya. "Harus semangat dan bangkit lagi seperti (artis) Rini S Bon Bon," pesan Jeng Ana. "Mudah-mudahan sembuh di bulan Mei sekalian syukuran ulang tahun ke-47 pada 1 Mei 2011," timpal Epy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com