Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persembahan Andien untuk Sang Guru

Kompas.com - 22/01/2011, 06:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi jazz Andien (25) hari-hari ini sibuk berlatih untuk penampilannya di dua konser yang semuanya bertemakan ”Tribute to Elfa Secioria”. Dia akan menjadi salah satu pengisi acara di sebuah acara televisi MetroTV dan SCTV.

”Saya akan dua kali nyanyi di tempat berbeda, semuanya didedikasikan untuk almarhum Bang El,” kata Andien. Bagi Andien, almarhum Bang El—panggilan akrab Elfa Secioria—adalah orang yang telah membentuk dirinya.

”Dia guru dan mentor aku sejak masih kelas VI SD, juga produser album pertamaku,” kata pemilik nama lengkap Andini Aisyah Hariadi ini. Jadi, Bang El benar-benar mengasuh dan memonitor Andien sejak masih kecil.

”Orangtuaku memang menitipkan aku kepada Bang El. Enggak bakal ada Andien seperti saat ini jika tak ada Bang El. Dia yang bentuk aku, saksi tumbuh kembang aku juga,” katanya.

Menjadi penyanyi ternyata tak semudah yang dibayangkan. ”Banyak yang berkomentar negatif dulu, ’Apaan sih anak kecil nyanyi jazz?’ Tetapi, Bang El terus mendukung dan menguatkan aku,” katanya.

Kini Andien menjadi salah satu penyanyi jazz muda yang diperhitungkan. Album terakhirnya, Kirana, masuk predikat ”20 Album Terbaik Indonesia 2010” versi Rolling Stone Indonesia urutan ke-12, mengungguli Maliq & D’Essentials, BIP, Slank, dan Gugun Blues Shelter. (AMR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com