Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oprah Winfrey Temukan Adik Satu Ibu

Kompas.com - 26/01/2011, 04:18 WIB

Oprah Winfrey baru menyadari dia mempunyai seorang adik tiri—seorang perempuan Milwaukee yang diserahkan untuk diadopsi oleh ibu Winfrey hampir 50 tahun lalu ketika ratu talk show itu berusia delapan tahun.

Winfrey dengan emosional memperkenalkan adik yang baru dia temukan itu kepada pemirsa hari Senin (24/1) dan menjelaskan upaya perempuan itu yang tak kenal lelah untuk menemukan ibu kandungnya.

”Dalam 25 tahun terakhir, Oprah Show telah menyatukan kembali banyak orang. Saya kira saya sudah melihat semuanya, tetapi ini adalah mukjizat dari semua mukjizat,” kata Winfrey sebelum membawa keluar seorang perempuan berusia 48 tahun, yang sepanjang acara hanya disebut sebagai Patricia, tanpa disebut pekerjaan atau rincian lain.

Setelah bertahun-tahun mencari kerabat sedarah, perempuan itu bertemu dengan Winfrey pada akhir November lalu pada hari Thanksgiving, hari Bersyukur yang merupakan saat keluarga berkumpul, di rumah ibu mereka.

Ketika Patricia lahir tahun 1963 di Negara Bagian Wisconsin, Winfrey yang berusia delapan tahun tinggal dengan ayahnya di Tennessee dan bahkan tidak tahu ibunya hamil.

Patricia diserahkan oleh ibunya untuk adopsi karena merasa tak mampu merawatnya. Dia berpindah dari satu panti asuhan yang satu ke panti yang lain sampai dia diadopsi pada usia 7 tahun. Patricia menjadi seorang ibu pertama kali pada usia 17 tahun dan enam tahun kemudian mempunyai anak kedua.

Setelah sempat terhenti, perempuan itu memutuskan untuk kembali mencari ibu kandungnya beberapa tahun lalu atas desakan anak-anaknya yang telah dewasa.

Upayanya itu tampaknya menemui jalan buntu ketika seorang wanita dari lembaga adopsi Wisconsin menelepon untuk menjawab penyelidikannya dan mengatakan ibu kandungnya tidak mau bertemu dengannya.

Kebetulan, dalam siaran televisi lokal hari itu ada laporan mengenai ibu Winfrey, Vernita Lee, yang mengungkapkan rincian mengenai dua anaknya yang telah meninggal. Rincian itu, kata Patricia, cocok dengan informasi yang dia lihat dalam dokumen mengenai adopsinya.

Patricia menemukan putri almarhumah adik Winfrey, Pat, di Milwaukee, dan mereka melakukan uji DNA yang mengonfirmasikan hubungan mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com