Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lola Amaria Berburu Cabai di Thailand

Kompas.com - 27/01/2011, 09:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Hobi memasak dan menggemari hidangan pedas membuat sutradara dan pemain film Lola Amaria sampai berburu cabai rawit merah di Pasar Thewet, Thailand, pekan lalu. Selain berburu cabai, Lola ke Thailand sekalian berlibur selama tiga hari.

Dibela-belain belum mandi, saya lari ke pasar mencari rawit merah, ternyata yang panjang Rp 25.000 per kilogram, sedangkan yang pendek Rp 30.000. Aku beli dua kilogram buat dua pekan,” ceritanya di Jakarta, Selasa (25/1/2011).

Pasar Thewet dikenal sebagai salah satu pasar penyedia bermacam olahan cabai. ”Di sini tersedia cabai segar, cabai bubuk, cabai acar, dan cabai kering,” katanya.

Gara-gara harga cabai melambung, Lola yang sehari-hari suka memasak setidaknya empat menu itu belakangan cuma menyajikan tiga menu. Kalau sebelumnya dia menyajikan ayam rica, tumis sayur kailan, tempe mendoan, capcai daging, dan perkedel, kini menu capcai dan perkedel tak lagi dibuatnya.

”Daripada mengurangi rasa pedas, lebih baik saya mengurangi jumlah menunya,” ujar perempuan kelahiran Jakarta, 30 Juli 1977, itu.

Lola mengaku heran terhadap sikap tak acuh pemerintah terhadap harga cabai yang melambung sampai sekitar lima kali lipat dari harga semula.

”Padahal, buat warga yang kurang mampu, sambal menjadi menu kesukaan terakhir yang masih terjangkau,” ujarnya prihatin. (WIN)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com